Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan mendukung pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tengah disiapkan payung hukumnya.
 
"Kami mendukung raperda tentang Pemberdayaan UMKM karena akan menjadi payung hukum bagi Pemkot Banjarbaru untuk membantu pelaku UMKM," ujar juru bicara Fraksi PPP Mardiana di Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru dorong pemberdayaan UMKM makin maju
 
Sebelumnya, fraksi PPP juga sudah menyampaikan dukungannya atas raperda pemberdayaan UMKM pada rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi atas raperda, Rabu (21/6/2023).
 
Menurut Mardiana, fraksinya menilai Banjarbaru memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak dan berkualitas sehingga harus digali agar mampu memberikan kontribusi bagi penerimaan daerah.
 
"Salah satu potensinya yang dapat digali yakni pengembangan UMKM sehingga bisa memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja di sektor usaha kecil," ucapnya.
 

Dikatakan politisi wanita dari daerah pemilihan Liang Anggang itu, sektor UMKM memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja sehingga harus dibantu.
 
Mardiana menyebutkan, kendala yang dihadapi pelaku UMKM mulai dari permodalan, kemampuan dalam manajemen usaha hingga kualitas sumber daya manusia yang menjadi pengelolanya.

Baca juga: Fraksi DPRD Banjarbaru setujui pembahasan empat raperda
 
"Pelaku usaha juga mengalami kendala sulitnya akses informasi dan sumber daya produktif seperti modal dan teknologi sehingga kemampuan usaha untuk berkembang menjadi terbatas," sebutnya.
 
Oleh karena itu, Fraksi PPP berharap Pemkot Banjarbaru bisa memberikan bantuan modal melalui pembinaan dan pembentukan koperasi UMKM sehingga pelaku usaha bisa dibantu oleh unit usaha koperasi.
 
"Pembentukan koperasi difasilitasi Pemkot Banjarbaru itu membantu pelaku UMKM menambah modal namun mereka juga harus dibina agar mampu membangun usaha lebih maju dan berkembang," ujarnya.
 
Sementara, raperda pengembangan UMKM yang disampaikan Pemkot Banjarbaru memasuki pembahasan bersama panitia khusus yang telah dibentuk DPRD dengan tim raperda pemkot setempat.
 
Baca juga: Ketua DPRD Banjarbaru minta pemkot optimalkan penerimaan retribusi
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023