Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono memantau Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lancar dan aman salah satunya di Desa Lingsir, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Wakapolres Balangan mengatakan, pelaksanaan pemantauan ini bertujuan agar pemilihan BPD disetiap desa Kabupaten Balangan bisa berjalan dengan lancar, aman, damai dan kondusif.

Baca juga: KPU Kalsel matangkan kesiapan TPS khusus Pemilu 2024

“Kami lakukan pemantauan untuk memastikan supaya tidak adanya gangguan Kamtibmas selama pelaksanaan pemilihan BPD yang berlangsung pada hari ini,” kata Dany di Balangan, Rabu.

Wakapolres menambahkan, untuk personel yang diturunkan dalam mengamankan pemilihan BPD ini sebanyak 161 personel dan 274 dari Linmas serta dibantu personel Kodim 1001/Amuntai-Balangan.

Sementara itu, Kepala Desa Lingsir Mahdi, menyebutkan di Desa Lingsir ada 552 pemilih dan 10 calon BPD.

“Alhamdulillah seluruh warga menggunakan hak pilihnya yang dimulai dari jam 08.00 Wita sampai 13.00 Wita hampir 100 persen warga terdata menggunakan hak pilih,” sebut Mahdi.

Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan dan Penataan Desa Dinas Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3APMD) Kabupaten Balangan, Hudi Darmawan menuturkan seluruh proses persiapan sebelum pemilihan BPD telah dilakukan.

Hudi mengatakan BPD yang terpilih nanti berjumlah lima orang BPD dari setiap desa, terdiri dari empat orang perwakilan wilayah dan satu orang perwakilan perempuan.

“Pendaftar sebagai calon BPD di 137 desa berjumlah 1842 orang, dengan rincian keterwakilan wilayah 1.415 pendaftar dan keterwakilan perempuan 427 pendaftar,” kata Hudi.

Baca juga: KPU lakukan pemetaan TPS khusus

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023