Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan H Anang Syakhfiani mengatakan saat ini kunjungan wisatawan lokal ke 'Bumi Saraba Kawa' mencapai 3 juta lebih pada tahun 2022 dan harus terus dipromosikan hingga ke mancanegara.

"Tak hanya wisatawan lokal, Kabupaten Tabalong juga menjadi destinasi wisatawan asing hingga mencapai 44 ribu pada tahun 2022, " jelas Anang saàt menghadiri HUT Lansia ke-27 di Pendopo Bersinar Pembataan, Selasa.

Baca juga: LEBARAN - Enam Ribu wisatawan kunjungi objek wisata Candi Agung

Sejumlah wisata alam yang cukup dikenal yakni Air terjun Tangkum Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, air terjun Berkukus Desa Purui Kecamatan Jaro, Goa Liang Kantin Kecamatan Jaro, Riam Misi Desa Salikung Kecamatan Muara Uya, Goa Pundun di Desa Purui Kecamatan Jaro.

  Anang pun meminta seluruh lapisan masyarakat bisa berpartisipasi dalam mempromosikan wisata daerah tak terkecuali kalangan lansia.

Salah satunya dengan membuat video senam lansia dengan memàmerkan potensi alam unggulan yang menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

 "Contoh video senam lansia dari Kecamatan Jaro dengan latarbelakang panorama pegunungan bisa menjadi ajang promosikan wisata lokal," ungkap Anang.

 Sementara itu dalam peringatan Hari Lanjut Usia ke- 27 dihadiri ratusan lansia dari 12 kecamatan dengan rangkaian lomba pantun dan estafet bola.

Baca juga: LEBARAN - Wisatawan pulau monyet di Kalsel naik 800 persen saat lebaran

 "Peringatan hari Lansia ini sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia," ujar Ketua Pelaksana Erwan Mardani.

Ia mengungkapkan Hari Lansia merupakan bentuk apresiasi  kepada para lansia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Selain itu sebagai bentuk apresiasi terhadap rasa semangat dan kontribusi lansia dalam mempertahankan kehidupan bangsa dan negara.

Baca juga: LEBARAN 2023 - Wisatawan di Loksado meningkat, Pemkab HSS siagakan ambulans

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023