Pemerintah Kota Banjarmasin melibatkan generasi muda atau milenial untuk melaksanakan kirab Pemilihan Umum (Pemilu) terkait penyebaran informasi pelaksanaan Pemilu di lima kecamatan selama tujuh hari sejak 3-10 Juli 2023.

“Pemerintah Kota Banjarmasin memastikan Pemilu di Banjarmasin berjalan dengan aman dan lancar,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: HUT Bhayangkara di Banjarmasin tekankan perdamaian jelang Pemilu 2024

Ibnu Sina menyebutkan Banjarmasin yang merupakan daerah berjuluk “Kota Seribu Sungai”, memiliki potensi untuk mendukung pelaksanaan sosialisasi Pemilu bersama kaum milenial menggunakan perahu susur sungai.

“Kita siap mendukung penuh jalannya proses pemilu,” ucapnya.

Dia berharap para pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih sesuai dengan kriteria pilihan masyarakat pada Pemilu serentak 2024.

Ia mengatakan Pemilu adalah pesta rakyat sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan menyukseskan Pemilu 2024.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Rusnailah (kedua kiri) saat memberikan keterangan usai mengikuti pembukaan Kirab Pemilu 2024 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (3/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjarmasin Rusnailah mengatakan pelaksanaan kirab pemilu selama tujuh hari tersebut dilaksanakan secara bergiliran pada lima kecamatan yang berbeda.

“Kita sosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat tentang informasi yang benar,” katanya.

Baca juga: Guru Besar UIN Anshari: Perkokoh ukhuwah songsong Pemilu 2024

Rusnailah menyebutkan kirab Pemilu yang dijalankan secara bersama-sama dengan pihak terkait juga akan memanfaatkan “klotok” atau perahu susur sungai.

Lebih lanjut, pihaknya memberikan edukasi bersama dengan kaum milenial untuk memberikan pemahaman tentang Pemilu kepada masyarakat di Kota Banjarmasin.

Menurut dia, melibatkan generasi muda juga merupakan sebagai langkah mengajak kaum milenial untuk memberikan hak pilih pada pemilu.

Ia berharap melalui kirab Pemilu di Kota Banjarmasin, seluruh masyarakat memiliki antusias mengikuti pesta demokrasi rakyat secara serentak pada 2024 mendatang.

“Suara rakyat menentukan arah bangsa,” ujarnya.

Baca juga: Wawali Banjarmasin bahas isu pemilu pada forum wakil kepala daerah

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023