Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menekankan situasi dan kondisi yang kondusif dalam rangka mewujudkan perdamaian jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

“Polri harus menjadi garda terdepan mengamankan jalannya Pemilu,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina usai menghadiri upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Banjarmasin, Sabtu.

Ia meyakini Polresta Banjarmasin sebagai lembaga keamanan yang berada di kota setempat, dapat menjaga ketertiban dan semakin dekat dengan masyarakat.

“Polri harus hadir di tengah masyarakat untuk menyatukan perselisihan yang terjadi,” ucapnya.

Dia berharap Polresta Banjarmasin dapat selalu memberikan bakti untuk negeri serta selalu bersinergi dengan pemerintah setempat untuk membangun Kota Banjarmasin.

Lebih lanjut, kolaborasi antar forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) juga sebagai kunci keberhasilan pembangunan.

Ibnu Sina mengungkapkan HUT Bhayangkara di Kota Banjarmasin dirangkaikan dengan berbagai kegiatan diantaranya Polresta setempat berperan merevitalisasi wisata situs budaya dan religi yang ada di Kota Banjarmasin.

Ia menyebutkan banyak upaya yang dilakukan oleh Polresta Banjarmasin, hal itu sebagai langkah untuk mendekatkan institusi Polri dengan masyarakat.
Polresta Banjarmasin melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 di Halaman Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)
Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo mengatakan pihaknya siap untuk mengamankan jalannya proses Pemilu yang aman, tenteram serta kondusif.

“Polri yang presisi menjunjung tinggi Pemilu yang damai,” katanya.

Sabana mengajak seluruh pihak bersama-sama mengawal Pemilu dan mensukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Menurutnya, Pemilu merupakan sesuatu hal yang menyenangkan sehingga tidak perlu ada perpecahan antar pihak.

Dia berharap pihaknya dapat semakin dekat dengan masyarakat melalui peningkatan pelayanan yang semakin baik pula.

Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Banjarmasin tersebut juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan seperti penampilan seni tari dan musik, berbagi SIM gratis, hadiah lomba kepada anak-anak, dan beberapa hadiah "doorprize".

Kemudian Polresta Banjarmasin memberikan hadiah utama yakni sebanyak dua tiket paket umroh gratis ke Tanah Suci kepada peserta yang hadir melalui undian tiket yang diacak.

Peringatan HUT Bhayangkara di Banjarmasin tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di lingkungan halaman Pemkot Banjarmasin.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023