Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi atau yang akrab dengan sapaan Paman Yani membagikan 500 paket daging sapi.

"Sebanyak 500 paket daging sapi tersebut bagian dari pelaksanaan ibadah kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah," ujar Paman Yani dalam keterangan tertulis, usai membagi-bagikan, Jumat malam.

Baca juga: Plt Ketua Golkar Tanbu Kalsel Paman Yani "gerak cepat" konsolidasi

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu sengaja membagi-bagikan daging kurban di tempat kelahirannya kawasan Sungai Jingah/Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin Utara.
Menurut dia, semangat berbagi pada momen Idul Adha 1444 H salah satu wujud kepedulian sebagai seorang wakil rakyat atau anggota DPRD Kalsel.

Ia menambahkan, 500 paket daging tersebut berasal tiga ekor sapi sumbangan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin.

Dalam prosesi penyembelihan hewan kurban tersebut, Paman Yani juga menyiapkan "piduduk" (sejenis suguhan ritual) berupa beras, kelapa dan gula "habang" (merah-gula aren).
Prosesi menabur beras oleh anggota DPRD Kalsel Paman Yani ke sapi kurban, Jumat (30/6/23) (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Selain itu, menyiramkan air kembang di sekujur tubuh sapi kurban tersebut dengan tujuan agar hewan itu tenang saat penyembelihan.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Paman Yani: Pancasila cegah radikalisme dan konflik

"Prosesi tersebut untuk melestarikan adat atau tradisi orang Banjar Kalsel," jelas Paman Yani.

Ia menerangkan, jumlah paket daging kurban yang dia bagi-bagikan kepada warga kawasan Sungai Jingah tahun ini  lebih banyak, karena ukuran sapi lebih besar, bahkan ada beratnya lebih satu pikul (100 kg)

"Melihat ukuran dan berat sapi kurban tersebut kemungkinan daging hasil penyembelihan terbagi menjadi 500 paket dengan berat setengah kilogram daging sapi perbungkus," tambahnya.

Selain dibantu tim Sekenceng Kalsel,  Paman Yani juga turut membagikan kepada masyarakat. "Mudah-mudahan kita dapat melaksanakan ibadah kurban tahun-tahun  datang," harapnya.

Baca juga: Paman Yani : Perda retribusi jasa usaha antisipasi "pungli"

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023