Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Kalimantan Selatan menyosialisasikan pendidikan politik bagi pemilih kaum perempuan dalam rangka menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 2024.

“Pendidikan politik ini untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan mengikuti pemilu 2024 mendatang,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Kabupaten HST, Kamis.

Baca juga: HST gencarkan sosialisasi administrasi kependudukan warga

Ia menyebutkan kaum perempuan perlu berperan aktif menggunakan hak pilih sebagai warga negara yang taat hukum.

“Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah jumlah pemilih perempuan lebih banyak daripada pemilih laki-laki,” ucapnya.

Aulia menyebutkan kegiatan tersebut merupakan wadah untuk menambah wawasan pemilih kaum perempuan untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang pemilu.

Aulia mengajak para kaum perempuan menggali lebih banyak lagi pemahaman tentang pemilu dan menyebarluaskan informasi tersebut melalui komunitas maupun organisasi yang diikuti.

Lebih lanjut, melalui kegiatan pendidikan politik tersebut dapat meningkatkan kesadaran politik bagi pemilih kaum perempuan dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Baca juga: Pemkab HST tingkatkan kualitas SDM melalui pelatihan jahit dan las
Seorang peserta sedang mengajukan pertanyaan kepada pemateri pada kegiatan pendidikan politik bagi pemilih kaum perempuan, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (21/6/2023). (ANTARA/HO-Pemkab HST)

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Tengah Mardiyono mengatakan setiap warga negara yang memenuhi syarat administrasi wajib berperan terlibat pemilu.

“Sebagai warga negara yang baik, mari kita sukseskan pemilu untuk keberlangsungan berbangsa dan bernegara,” ucap Mardiyono.

Mardiyono menyebutkan hal itu sebagai upaya menjaga keberlanjutan kepemimpinan nasional dan di daerah.

Kegiatan pendidikan politik tersebut menghadirkan beberapa narasumber berkompeten di antaranya Bupati HST Aulia Oktafiandi, perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten HST dan Komisioner KPU Kabupaten HST.

Baca juga: KPPN Barabai perkuat sinergi dengan BPKAD terkait pengelolaan keuangan daerah

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023