Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina terpilih menjadi Ketua Umum Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se- Indonesia untuk periode 2023--2026.
 
"Pak wali kota kita terpilih secara aklamasi pada kegiatan Kick Off City Sanitation Summit (CSS) XXI di Soreang Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (15/6/)," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika di Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut dia, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menggantikan Bupati Tanggerang Ahmed Zaki yang sebelumnya menjadi Ketua Umum AKKOPSI, Karena berakhir masa jabatan.
 
"Sebelumnya, pak wali kota kita menjabat wakil ketua 1 AKKOPSI," ungkapnya.
 
Windi menyampaikan, AKKOPSI memiliki anggota sebanyak 490 kepala daerah di seluruh Indonesia.
 
Sebagian disampaikan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam pernyataan resminya, siap melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan AKKOPSI yang sudah dilaksanakan pimpinan sebelumnya.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina direncanakan dilantik secara resmi pada Agustus 2023.
 
Pelantikan Ibnu Sina menjadi Ketua Umum AKKOPSI periode 2023--2026 saat dilaksanakan rapat kerja nasional di Kabupaten Biak, Papua Barat.
 
Di sana dijadwalkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan mantan Bupati Tanggerang Ahmed Zaki serah terima jabatan Ketua Umum AKKOPSI.
 
Ibnu Sina memastikan akan melanjutkan rencana kerja yang sudah ditetapkan dan akan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada kementrian terkait perbaikan sanitasi, terutama sanitasi perkotaan.      
 
Kemudian, menurut dia, untuk pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) selanjutnya ditetapkan di Kota Cilegon.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023