Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menerima berkas bakal calon anggota legislatif yang diserahkan dua partai politik yakni PDIP dan Partai Nasional Demokrat.
 
Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat di Kota Banjarbaru, Kamis mengatakan, pihaknya menerima tiga partai politik selain PDIP dan Nasdem yang sudah menyerahkan berkas bacaleg.

Baca juga: "Bacaleg" PDI Perjuangan Kalsel penuhi kuota perempuan
 
"Hari ini, dua partai politik yakni PDIP dan Nasdem menyerahkan berkas bacaleg dan dinyatakan lengkap, sebelumnya PKS yang juga sudah menyerahkan berkas pertama kali ke KPU," ujar Hegar.
 
Ia mengatakan, pihaknya masih menunggu pengajuan berkas bacaleg parpol yang menjadi peserta pemilu sebelum melakukan verifikasi atas berkas bacaleg yang diserahkan setiap parpol dimasa pengajuan.
 
"Dijadwalkan, Jumat besok hingga Ahad sejumlah parpol menyerahkan berkas bacaleg dan kami masih menunggu sebelum memproses seluruh berkas di masa verifikasi," ucap aktivitis lingkungan itu.
 
Ketua DPC PDIP Banjarbaru Wartono mengatakan, pihaknya mengajukan 30 bacaleg ke KPU sesuai jumlah kursi di DPRD Banjarbaru dengan komposisi yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
 
"Jumlah bacaleg yang kami ajukan sebanyak 30 orang terdiri dari 44 persen milenial, kemudian bacaleg perempuan mencapai kuota 30 persen dan bacaleg lain termasuk petahana anggota DPRD," ujarnya.
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyerahkan berkas pencalonan bacaleg kepada Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat saat penyerahan berkas di KPU Banjarbaru, Kamis (11/5/2023).
 
Menurut Wartono, pihaknya tidak memasang target jumlah kursi di DPRD Banjarbaru tetapi optimistis mampu melebihi perolehan empat kursi yang berasal dari empat dapil di kota setempat.
 
"Kami tidak memasang target kursi di DPRD tetapi optimistis mampu mendapat lebih dari empat kursi yang sudah diduduki kader partai," ucap Wartono yang juga Wakil Wali Kota Banjarbaru itu.
 
Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan mengatakan, komposisi bacaleg yang diusung terdiri dari 50 persen milenial sedangkan bacaleg lain dari berbagai kalangan.
 
"Kami yakin pemilih milenial cukup banyak sehingga bacaleg milenial yang diusung 50 persen disamping bacaleg dari berbagai kalangan dan tak ketinggalan empat petahana anggota DPRD Banjarbaru," katanya.

Baca juga: PKB Banjarmasin buka pendaftaran Bacaleg 2024

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023