Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menggelar kejuaraan balap sepeda yang menjadi rangkaian Tour Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2023.
 
"Ini adalah kejuaraan balap sepeda bertaraf nasional yang akan digelar 7 Mei," ujar Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Budiono di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Wakil Bupati HSS buka kejurprov balap sepeda BMX se Kalsel
 
Menurut dia, Kalimantan Selatan ditunjuk panitia nasional untuk menyelenggarakan tahapan kejuaraan balap sepeda sebelum penyelenggaraan kejuaraan utama di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
 
Budiono mengatakan tahapan "pemanasan" di Kalimantan Selatan sebelum kejuaraan utama di Mandalika itu mengusung tema "L'Etape Indonesia Banua".
 
Pemprov Kalsel, dikatakan Budiono, memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan kejuaraan balap sepeda bertaraf nasional tersebut.

Budiono menambahkan kejuaraan balap sepeda bertaraf nasional tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk Kalsel, tidak hanya memberikan motivasi bagi pengembangan olahraga balap sepeda tetapi juga memperkenalkan alam Kalsel ke dunia mancanegara.

Apalagi, lanjut dia, tempat yang dipilih adalah objek wisata Gunung Mawar yang merupakan objek wisata andalan Kalsel. Destinasi wisata tersebut menggambarkan keindahan pegunungan hijau, hutan yang rindang, dan sungai yang mengalir pada bebatuan.

Baca juga: Nasdem bina atlet balap sepeda hingga juara dan wakili HST di Porprov
 
"Intinya, kami sangat apresiasi karena Kalsel terpilih sebagai tempat tahapan kejuaraan tersebut," ujar Budiono.
 
Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan ajang balap sepeda internasional L’Étape Indonesia by Tour de France di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 26-28 Mei, menarik partisipasi 1.500 peserta dari domestik maupun mancanegara.
 
"L’Étape Indonesia by Tour de France 2023 ditargetkan dapat menarik partisipasi 1.500 peserta, baik dari mancanegara maupun Nusantara dengan jarak tempuh mencapai 139 kilometer," ujar Sandiaga.

Sandiaga pun mengapresiasi penyelenggara yang kembali menggelar ajang ini untuk kedua kalinya setelah digelar pada 2022.

Ajang tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu memberikan kontribusi dan mendorong capaian target 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) serta 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara pada tahun ini.

Baca juga: Video - Putera Asli Balangan Raih IMI Kalsel Awards

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023