Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersama petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru, Kalimantan Selatan khusu" mengikuti shalat Ied pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Bertindak selaku imam dan khatib shalat Ied yakni ustadz Abdul Karim dari Kantor Kementerian Agama Banjarbaru yang memimpin shalat di lapangan olahraga lapas, Sabtu diikuti ribuan WBP setempat.
 
Kepala lapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang melalui siaran pers diterima Antara di Banjarbaru, Sabtu, shalat Ied di lingkungan lapas agar warga binaan ikut merasakan suasana Idul Fitri.
 
"Meski pun berada di dalam lapas menjalani masa hukuman, mereka memiliki hak untuk melaksanakan ibadah dan merasakan kebahagiaan hari raya Idul Fitri sehingga shalat Ied kami gelar," ujarnya.
 
Amico mengungkapkan, suasana Idul Fitri 1444 Hijriah di dalam Lapas Banjarbaru berlangsung aman dan dan tertib, mulai dari malam takbiran, shalat Ied hingga penyerahan remisi khusus hari raya bagi warga binaan.
 
"Kami melaksanakan takbiran dengan cara keliling ke seluruh blok hunian, Jumat (21/4) malam dan pagi harinya menggelar shalat Ied di lapangan yang diikuti sebanyak 1.856 warga binaan," ucapnya.
 
Menurut Amico, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar, aman, tertib dan kondusif hingga waktu penyerahan remisi kepada warga binaan yang dilaksanakan pada Sabtu (22/4/2023).
 
"Kami segenap keluarga besar lapas mengucapkan selamat Idul Fitri Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin semoga semua kembali suci menjadi hamba yang dilindungi Allah," ucapnya.
 
Setelah shalat Ied yang diisi dengan khutbah Idul Fitri, kalapas bersama pejabat struktural, dan pegawai lapas halal bihalal ke seluruh blok hunian dan membagikan snack lebaran kepada warga binaan.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023