Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan, akan meningktakan struktur ruas jalan dari Jembatan Tarjun menuju akses jalan Provinsi di Desa Tegal Rejo dengan panjang total 14.750 meter.

"Penanganan dengan pembuatan jalan beton sepanjang 2.200 M2 dan penanganan patcingan jalan spot-spot berupa beton dan aspal yang terkelupas dengan lebar jalan tujuh meter," kata Kepala Dinas PUPR Suprapti Tri Astuti di Kotabaru Kamis.

Baca juga: PUPR Kotabaru rekayasa tangani banjir di Dirgahayu

Menurut Astuti, pengerjaan peningkatan ruas jalan akan dikerjakan di tahun 2023 menggunakan dana anggaran pendapatan belanja daerah ( ABPD) Kotabaru dengan anggaran Rp21,3 miliar yang akan di mulai proses administrasi lelang pada April.

Ia juga menambahkan, pengerjaan dengan dilakukan dengan menggunakan beton atau rigit dikarenakan tonase dan Lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang melalui jalan sepanjang 14,7 sangat tinggi.

"Estimasi pengerjaan diperkirakan memakan waktu kurang lebih enam bulan kalender," katanya

Baca juga: Perbaikan jalan menuju Pasar Kemakmuran Kotabaru mulai digarap

Keberadaan jalan Tarjun menuju akses keluar jalan provinsi yang berada di Desa Tegal Rejo ini cukup penting untuk mendukung kelancaran tranportasi masyarakat dan perekonomian di karenakan wilayah tersebut terdapat beberapa akses industri yang menjadi bagian dari komoditi unggulan Kotabaru.

Pemerintah daerah melalui PUPR terus mengupayakan melakukan pembangunan infrastruktur  jalan di berbagai daerah di wilayah kabupaten Kotabaru untuk mewujudkan pemerataan pembangunan sesuai dengan rencana pembangunan Kotabaru.  

Baca juga: PUPR Kotabaru pelihara jalan demi kenyamanan dan keselamatan

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023