Perbaikan jalan menuju Pasar Kemakmuran di "Bumi Saijaan" yang diperkirakan mencapai satu kilometer mulai dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Untuk merealisasikan proyek tersebut, pemerintah kabupaten menggandeng PT Sebuku Tanjung Coal (STC) melalui kompensasi," kata Kepala Dinas PUPR Kotabaru Suprapti Tri Astuti di Kotabaru, Jumat.

Srikandi PUPR yang akrab disapa Tuti mengatakan, pengaspalan jalan tersebut diperkirakan akan rampung dalam waktu satu minggu ke depan dengan tujuan pengguna jalan semakin nyaman saat menuju lokasi pasar.

Ada beberapa kendala saat pengerjaan, salah satunya adalah faktor cuaca. Pada saat hujan para pekerja tidak dapat melanjutkan pekerjaannya. 

Proyek tersebut juga dikerjakan pada malam hari mengingat pada waktu siang banyak masyarakat lalu lalang menuju lokasi pasar, hingga proses pelaksanaan tidak dapat berjalan degan cepat.

"Pengaspalan pasar kemakmuran dimulai dari arah keluar pasar dan akan berlanjut hingga ke arah jalan masuk," ujar Tuti

Ia juga menjelaskan pengerjaan ini meliputi, Komplek Pasar Kemakmuran menuju pasar subuh, arah keluar pasar dan arah masuk dari samping Pasar Limbur Raya. 

Dinas PUPR mengapresiasi pihak pelaksana dan STC dengan komitmennya melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan apa yang sudah disepakati, sehingga masyarakat lebih mudah saat melintas menuju pasar.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Kemakmuran, Rosida, mengaku senang dengan melihat sebagian jalan sudah diaspal.

"Terimakasih kepada Dinas PUPR Kotabaru telah mengaspal jalan di lokasi pasar.  P=ara pengunjung pasar dan pedagang kini semakin nyaman saat melintas, semoga dapat berpengaruh terhadap penjualan kami, karena jumlah pengunjung juga semakin meningkat," ucapnya.

Rosida juga berharap agar pemerintah dapat melakukan perbaikan blok pasar yang mulai rusak, bahkan kalau hujan deras banyak atap yang bocor.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023