Pelaihari,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Bambang Alamsyah, Pemkab Tanah Laut kembali melakukan kerjasama dengan perusahaan sawit, PT Citra Putra Kebun Asri membangun pembangkit listrik tenaga biogas.
   

“Kita terus berupaya membangun energy listrik di Tanah Laut, guna mencukupi pasokan listrik,” ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alansyah, di Pelaihari, Minggu (22/5).

 Menurut dia, Pemkab Tanah Laut kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Citra Putra Kebun Asri.
   
 Diutarakannya, kerjasama itu berupa program Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berbasis limbah cair sawit.
   
 Dijelaskannya, sesuai nota kesepahaman itu, pembangunan PLTBg direncanakan di Desa Jorong, Kecamatan Jorong.
    
 Pembangunan PLTBg itu, sebut dia, tepatnya di areal tanah pabrik kelapa sawit PT Citra Putra Kebun Asri, selaku pemberi pinjam pakai lahan tanah, dan penyedia limbah cair kelapa sawit dengan luasan tanah 1,8 hektare.
 
 Lebih lanjut dia mengemukakan, pembangunan PLTBg berbasis limbah cair sawit, menunjukkan komitmen pemerintah pusat didukung pemerintah daerah untuk penyediaan energi listrik bagi masyarakat.

 Pembangunan PLTBg berbasis limbah cair sawit tersebut,ungkap dia, dilaksanakan dan diselesaikan oleh Kementerian ESDM RI, dan nantinya akan dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan menjadi Aset daerah untuk dioperasionalkan.
   
 Bupati berharap, agar pihak terkait untuk mengawal dan mempercepat progress Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) tersebut.

“Saya yakin dan optimis  Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) ini akan dapat kita selesaikan,” tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016