Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan uji kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri tahun 2023 di wilayah hukum Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan. Tim dipimpin oleh Kombes Pol.  Drs. Azis Saputra.

"Guna memperoleh data riil agar bisa dianalisis, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan pelayanan Polri kepada masyarakat," kata Kapolres AKBP M. Gafur Aditya Siregar, S.I.K di Kotabaru, Senin. 

Kapolres Kotabaru mengatakan kedatangan Tim Puslitbang Polri Ke Polres Kotabaru bertujuan untuk melakukan penelitian tentang pelayanan Polri kepada masyarakat, sehingga bisa membangun kepercayaan (trust building) kepada masyarakat terhadap kinerja Polri, 

" Fokus melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lima fungsi layanan kepolisian, yaitu  layanan pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta," ujarnya. 
Kapolres Kotabaru,tim Puslitbang saat mewancarai tokoh agama di Polres Kotabaru. (ANTARA/HO-Polres Kotabaru)


Kapolres juga menyampaikan bahwa penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang dilakukan oleh tim kepada masyarakat, baik yang sedang berada di Polres maupun di luar Polres.

Turut digelar Forum Grup Discussion (FGD) dan wawancara mendalam (indepht interview) dengan peserta dari eksternal, baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, LSM atau komunitas, perangkat desa, dan instansi pemerintah.serta tersangka, saksi,  korban atau keluarganya dan PH/pengacara.

Kapolres Kotabaru berharap dengan adanya kegiatan ini para anggota dapat melayani masyarakat dengan maksimal dan harus selalu siap dalam memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat.
Kapolres Kotabaru,tim Puslitbang saat menggelar kegiatan di Polres Kotabaru. (ANTARA/HO-Polres Kotabaru)

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023