Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, melalui Dinas Perpustakaan HST menggelar acara Sosialisasi Minat Baca untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya membaca baik pada usia anak-anak maupun dewasa.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi saat membuka kegiatan di Aula Kantor Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST, Selasa, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan Kabupaten HST yang bekerjasama dengan Kecamatan Pandawan dalam menyelenggarakan acara sosialisasi minat baca masyarakat ini.

“Minat baca tidak dapat tumbuh begitu saja dalam diri seseorang, melainkan melalui proses yang panjang dan tahapan perubahan yang muncul secara teratur dan berkesinambungan,” katanya.

Selain itu, Bupati HST mengatakan masih banyak tantangan yang harus kita hadapi guna mewujudkan SDM yang bermutu dan kehidupan kebangsaan yang cerdas, berkarakter unggul, dan berdaya saing.

"Kegiatan sosialisasi ini jangan hanya sebagai kegiatan seremoni semata, namun hal ini harus didukung oleh banyak pihak, seperti keluarga, stakeholder, Tim PKK, PAUD, sekolah, serta dinas terkait agar sosialisasi ini tepat sasaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya membaca," ujarnya.

Bupati HST Aulia Oktafiandi memberikan sambutan saat membuka acara Sosialisasi Minat Baca Di aula kantor Kecamatan Pendawan,Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Selasa (21/3/2023). ANTARA/HO-Prokom HST.


Plt. Kabit Perpustakaan Mujahidin selaku panitia pelaksana acara melaporkan, kegiatan ini diisi dengan sosialisasi oleh Ketua Bunda Literasi HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Kepala Dinas Perpustakaan, dan ustadz Sholihin dari Komunitas Bikers Subuhan, dengan jumlah peserta 300 orang terdiri atas kepala desa dan perwakilan masyarakat di Kecamatan Pandawan.

"Tujuan kegiatan sosialisasi minat baca ini untuk meningkatkan minat baca di masyarakat serta meningkatkan nilai indeks pembangunan literasi masyarakat di Kabupaten HST,”ungkapnya.

Kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK yang juga Bunda Literasi Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten HST beserta jajaran, Camat Pandawan, unsur Forkopimcam Pandawan, para penggiat literasi, pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa dan pelajar itu juga diisi dengan kegiatan layanan perpustakaan keliling, membaca bersama badut, senam otak dan pemateri tim dari Dinas Perpustakaan Kabupaten HST dengan jumlah peserta sebanyak 150 siswa dari SDN yang ada di Kecamatan Pandawan.

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023