Sebanyak 104 personel TNI dari Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) ikut serta mengamankan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana yang juga Dansub Satgas Jalan kedatangan RI 1 ini menyebut personel Kodim 1002 juga dibantu anggota Polres HST.

Baca juga: Jokowi bakal hadir, Staf Khusus hadiri pembukaan Muktamar Rabithah Melayu-Banjar

"Ada 20 anggota yang dipimpin oleh Kabagops Polres HST, Kompol Maturidi," kata Gagang usai apel gelar Pasukan pengamanan di Barabai, Kamis.

Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Tabalong pada Jumat esok.

Rencananya, Jokowi menghadiri Muktamar ke-1 Rabithah Melayu Banjar, bersilaturahmi dengan para ulama, tokoh masyarakat dan warga.

Kedatangan RI 1 ini juga sekaligus istighosah dan doa bersama yang dipimpin Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi dari Pekalongan dan diisi tausiah oleh KH Guru Asmuni atau Guru Danau.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Kodam Mulawarman pastikan pengamanan lokasi

Letkol Gagang meminta para personel yang ikut pengamanan VVIP kunjungan Jokowi 1 agar melaksanakan tugas dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab.

"Secara keseluruhan ada 1.900 aparat keamanan disiagakan untuk mengamankan kunjungan VVIP ini," tutur Gagang.

Personel Kodim 1002/HST bakal ditempatkan di Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong sepanjang rute perjalanan, Pendopo Bersinar, pasar dan di lokasi peresmian jalan hingga rute kembali.

Kasrem 101/Antasari, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto menyebut pihaknya sebagai satuan tugas pengamanan wilayah mendukung penuh program pemerintah.

"Dalam hal ini bupati sebagai perwakilan pemerintah pusat yang ada di Tabalong harus kita dukung suksesnya kegiatan ini dalam aspek pengamanan kunker Presiden Jokowi," ujar Kolonel Iwan saat memimpin apel kesiapan pengamanan di lapangan sepak bola Pembataan, Murung Pudak.

Baca juga: Jokowi akan kunjungi Tabalong, Pangdam VI Mulawarman meninjau lokasi

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023