Kodam VI/Mulawarman memastikan kesiapan pengamanan rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru pada Kamis ini.

"Semua personel yang terlibat dalam pengamanan sudah diapelkan pagi tadi baik di Kota Banjarbaru maupun di Kabupaten Tabalong," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mulawarman Letkol Arm Kukuh Dwi Antono di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Jokowi bakal hadir, Staf Khusus hadiri pembukaan Muktamar Rabithah Melayu-Banjar

Untuk apel gelar pasukan di Banjarbaru dipimpin Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, sementara Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto memimpin personel di Tabalong.

Adapun jumlah aparat yang dilibatkan seluruhnya 3.649 personel terdiri dari TNI 1.977 orang, Polri 1.167 orang dan unsur pemerintah daerah 505 orang.

Berdasarkan jadwal sementara, ungkap Kukuh, Presiden Jokowi tiba pada Kamis ini, namun mulai berkegiatan Jumat (17/3) besok.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan memulai kunjungan ke Kabupaten Tabalong guna menghadiri beberapa acara seperti membuka Muktamar  Rabithah Melayu Banjar di Kota Tanjung.

Baca juga: Jokowi akan kunjungi Tabalong, Pangdam VI Mulawarman meninjau lokasi

Rabithah Melayu Banjar merupakan organisasi kemasyarakatan yang didirikan pada Agustus 2022 untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Kemudian, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri istighosah bersama masyarakat Tabalong di Pendopo Bersinar yang dipimpin Habib Luthfi dan tausiah oleh KH Guru Asmuni atau yang dikenal dengan sebutan Guru Danau asal Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Usai di Tabalong, Presiden kembali ke Banjarbaru meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tahap II di Balai Pengelola Air Minum Banjarbakula.

Selanjutnya, mantan Wali Kota Solo itu mengunjungi Pasar Astambul di Kabupaten Banjar untuk menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan modal usaha kepada para pedagang.

Baca juga: Jokowi berencana ke Tabalong, Kasrem 101 Antasari koordinasi dengan bupati

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023