Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), beserta para relawan melakukan evakuasi warga terdampak banjir pada sejumlah desa di Kecamatan Padang Batung.

Kepala BPBD HSS, Kusairi, di Kandangan, Sabtu, mengatakan tim BPBD, petugas Pemadam Kebakaran (PMK) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah turun ke lokasi, dan melakukan evakuasi warga terdampak.

"Penanganan evakuasi saat ini kita lakukan, membantu warga kita di daerah Desa Batu Bini, Batu Anin, Mandapai, Desa Mawangi dan sekitarnya," katanya dalam keterangan.

Baca juga: Alat peringatan dini kebencanaan BPBD HSS bisa diakses melalui hp android

Relawan dari Kerukunan BPK HSS, Amad, juga menginformasikan bahwa sejak Sabtu pukul 03.00 WITA dini hari terjadi kenaikan air,  dan air mulai meredam beberapa wilayah di Kecamatan Padang Batung dan sekitarnya.

Menurut dia, kenaikan air terjadi di Desa Batu Bini, Mawangi, Lok Bahan dan Telaga Langsat, kenaikan air ini diketahui datang dari Telaga Langsat dan turun ke bendungan Telaga Langsat dan turun juga ke Mawangi.

"Di sekitaran pukul 04.00 WITA tadi kita mencek debit air di Bendungan Amandit, dan diketahui mengalami kenaikan lebih dari dua meter," katanya.

Baca juga: Polsek Padang Batung siagakan personil bantu warga terdampak banjir

Saat ini berdasarkan permintaan dari para relawan di lapangan, mendesak dibutuhkan perahu karet untuk evakuasi warga, karena ada beberapa tempat terdampak banjir yang tidak bisa dilalui akibat derasnya air.

Kerukunan BPK HSS menginstruksikan untuk menurunkan seluruh perahu karet yang ada di masing-masing rekanan BPK, karena perahu karet yang tersedia masih kurang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023