Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, memfasilitasi puluhan anak Taman Kanak-kanak (TK) Tahfiz Baby Qu Kelurahan Angsau, guna belajar aneka tanaman di kebun Asimilasi dan Edukasi (SAE).

Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari Fani Andika di Pelaihari, Sabtu, mengapresiasi kegiatan belajar dan bermain yang diikuti 51 anak-anak TK Tahfiz Baby Qu itu SAE Rutan Kelas IIB Pelaihari telah menjalankan perannya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Baca juga: Kakanwil berikan penghargaan Kehumasan pada Rutan Kelas IIB Pelaihari

“Selain sebagai wadah untuk memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan, SAE juga bisa dijadikan pembelajaran bagi masyarakat, seperti kegiatan belajar anak-anak TK ini," ujarnya.

Menurut dia, kunjungan murid TK ke Sarana Asimilasi dan Edukasi Rutan Kelas II B  Pelaihari bukan pertama kalinya.
Murid Taman Kanak-Kanak Tahfiz Baby Qu Kelurahan Angsau, Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan  didampingi gurunya belajar aneka tanaman di kebun Asimilasi dan Edukasi Rutan Kelas IIB Pelaihari, Sabtu( (11/2/2023). ANTARA/HO-Humas Rutan Pelaihari

Sebelumnya, Fani mengungkapkan terdapat dua TK mengunjungi perkebunan SAE untuk kegiatan belajar dan bermain.

Fani mengungkapkan pengelola Rutan Kelas IIB Pelaihari selalu terbuka dalam menjalin kerja sama dengan TK yang ada di Tanah Laut.

“Kita bisa memperkenalkan program kegiatan pembinaan kemandirian,  khususnya Sarana Asimilasi dan Edukasi kepada anak-anak," tutur Fani.

Baca juga: 192 warga binaan Rutan Kelas IIB Pelaihari terima remisi di hari kemerdekaan

Fani menilai kegiatan tersebut bermanfaat bagi anak usia dini, karena senang belajar di alam terbuka dan mengenali aneka tumbuhan di lingkungan sekitar.

Selama kegiatan, papar dua, anak-anak belajar dan bermain dipandu dan didampingi oleh Kepala Subseksi Rutan Kelas IIB Pelaihari Mujiono beserta petugas lain.

Kegiatan belajar tersebut, sambung dia, diisi dengan pengenalan jenis sayur-mayur, cara bercocok tanam serta cara memanen sayur. 

"Terlihat anak-anak sangat antusias dan senang selama kegiatan berlangsung," ucap Fani.

Baca juga: Warga binaan Rutan Kelas IIB Pelaihari lulus belajar paket C

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023