Puluhan balita dan ibu hamil di Desa Sei Rukam 2 Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat makanan menu 4 bintang gratis untuk mencegah stunting di wilayah ini.
 
Kepala Puskesmas Pugaan Harliani mengatakan pembagian makanan gratis ini melalui Gerakan Protein Hewani Cegah Stunting di Posyandu Mawar Desa Sei Rukam 2.
 
"Sasaran gerakan ini 47 balita dan lima ibu hamil untuk mencegah stunting di Desa Sei Rukam 2," jelas Harliani di Tabalong, Rabu.
 
Tak hanya memberikan makanan menu 4 bintang gratis jajaran Puskesmas Pugaan bersama kader posyandu juga 
memberikan contoh makanan ibu hamil, dan balita tepat usia 6 bulan, 9 bulan dan 1 tahun dengan menu 4 bintang berupa tinggi protein untuk mencegah stunting.
 
Disebutkannya gerakan ini bagian Hari Gizi Nasional ke-63 dengan harapan warga Desa Sei Rukam 2 bisa menerapkankan pemberian makanan sesuai usia dengan menu mengandung protein hewani setiap kali makan. 
 
"Pengetahuan hari ini diharapkan bisa diterapkankan setiap hari sehingga bisa menaikan berat badan bayi terutama yang mengalami stunting agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya serta mencegah stunting baru," tambahnya.
Jajaran Puskesmas Pugaan bersama kader posyandu bersama warga Desa Sei Rukam 2 pada Gerakan Protein Hewani Cegah Stunting. (ANTARA/HO-Puskesmas Pugaan)
 
Gerakan ini mendapat dukungan dana desa berupa PMT Posyandu menu 4 bintang Rp15.000/balita dan menu ibu hamil.
 
Kepala Desa Sei Rukam 2, Rahmadi 
mengajak para ibu hamil dan kalangan orangtuan rajin datang ke posyandu utk mendapatkan pelayanan sehingga sejak dini cegah kasus gagal tumbuh pada anak.
 
"Ibu hamil dan orangtua yang punya balita bisa mencontoh makanan yang diberikan posyandu berupa menu 4 bintang tinggi protein," ungkap Rahmadi.
 
Menu 4 bintang yang diberikan kepada balita dan ibu hamil berupa ikan Patin, sayur bayam plus labu, tahu, pisang dan telur rebus.
 
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023