Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengirim sebanyak 75 pemuda untuk mengikuti pendidikan dasar (Diksar) satuan pengamanan (Satpam) di Kota Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menekan angka pengangguran.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan, Abiji mengungkapkan program pelatihan ini merupakan visi misi dari Bupati Balangan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada.

Baca juga: Lima putra putri HSS jalani diklat Paskibraka provinsi

“Ini adalah program kami dalam menjawab visi misi bupati, kebetulan kami mengemban salah satu visi bupati yaitu kesejahteraan masyarakat,” ungkap Abiji di Paringin, Sabtu.

Abiji melanjutkan, untuk melaksanakan visi tersebut perlu adanya program pelatihan seperti ini, yang mana harapannya nanti mungkin warga Balangan bisa lebih sejahtera ke depannya dengan memiliki pekerjaan tetap.

Menurut Abiji, angka pengangguran di Kabupaten Balangan sendiri memang masih cukup tinggi oleh karenanya kegiatan Diksar Satpam ini pihaknya targetkan dapat menurunkan serta menekan angka pengangguran.

Baca juga: Disporapar HST gelar Diklat organisasi kepemudaan

Ketua Pelaksana Diksar Satpam, Slametno menuturkan selain pada bidang satpam ini ia juga akan mencari kegiatan-kegiatan yang serupa agar program seperti ini terus berlanjut ke depannya.

Slametno menjelaskan, nantinya tidak hanya bidang satpam saja tetapi ke depan akan terus dikembangkan dengan bekerjasama dengan pihak perusahaan yang telah menjadi mitra kerja, agar mereka bersedia menampung SDM dari Balangan untuk bekerja di perusahaan mereka.

Kemudian, para peserta pelatihan sendiri juga akan dibekali dengan sertifikasi BNSP, karena saat ini di perusahaan-perusahaan lebih memberikan prioritas bagi mereka pemegang sertifikat BNSP atau sertifikasi keprofesian kompeten.

“Ada beberapa perusahaan yang telah menjadi mitra kerja kita, di antaranya PT DKPa5 Adaro Group, PT Batulicin 69 Group, PT Teis International, PT Bina Karya Selaras, PT Jorong Baru Utama Piston, PT Baru Satria Perkasa, PT Prima Karya Mandiri Security, PT Full Service dan lainnya," jelas Slametno yang juga sebagai Kepala Bidang Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Balangan.

Sebanyak 75 orang peserta yang mengikuti Diksar Satpam tersebut, akan di tempatkan pada beberapa perusahaan yang memang merupakan mitra kerja dari PT Prima Security Indonesia selaku pelaksana, karena PT Prima Security Indonesia ini mereka adalah suplai tenaga satpam di Kalimantan.

Baca juga: Wabup HSS buka Diklat Terpadu Dasar IV Satkoryon Banser Daha Utara

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023