Layanan Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selata telah menerbitkan 3.939 paspor untuk warga Kalsel yang sebagian didominasi keperluan ibadah umroh ke Mekkah, Arab Saudi pada awal 2023.

"Tingginya jumlah permohonan paspor di Kalsel untuk ibadah umrah mulai terlihat lagi setelah Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah yang sempat ditangguhkan karena pandemi," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel siapkan petenis di turnamen Imigrasi Open meriahkan Hari Bhakti Imigrasi

Sepanjang 2022 lalu, total pelayanan paspor di Kalsel sebanyak 41.786 dokumen untuk permohonan perpanjangan maupun paspor baru.

Pada 2023, Faisol menyebut berpotensi terjadi kenaikan permohonan paspor seiring pandemi COVID-19 yang melandai dan ekonomi masyarakat semakin baik.

"Saya meminta jajaran Imigrasi terus memberikan pelayanan terbaik termasuk sistem jemput bola untuk pembuatan paspor secara kolektif," ujarnya.

Baca juga: Kemenkumham menjajaki pembentukan UKK di Banjarmasin

Diketahui, layanan Imigrasi di Kalsel terbagi dua, yaitu Kantor Imigrasi Banjarmasin mencakup Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Banjar.

Selanjutnya, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Kemudian Kantor Imigrasi Batulicin mencakup Kabupaten Tanah Bumbu dam Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan unit pembantu yang bekerja sama dengan pemerintah daerah yaitu Unit Kerja Keimigrasian Balangan dan Unit Layanan Paspor Tapin.

Baca juga: Kemenkumham bakal aktifkan Imigrasi Kotabaru sikapi ramainya lalu lintas WNA

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023