Puskesmas Hikun, Kecamatan Tanjung, kembali membuka gerai pelayanan vaksinasi COVID- 19 di Pasar Bauntung Tanjung, Kabupaten Tabalong.
 
Pelayanan dibuka pukul 08.00 Wita sampai 11.00 Wita sebagai upaya percepatan vaksinasi COVID- 19 di 'Bumi Saraba Kawa' ini.
 
Kepala Puskesmas Hikun Akhmad Sabirin, Sabtu, mengatakan masyarakat yang telah mendapatkan vaksin 1 dan 2 jenis Sinovac, Zifivax atau Astrazeneca dapat melakukan vaksinasi booster dengan vaksin Pfizer.
 
Pihak Puskesmas Hikun pun menyediakan vaksinasi jenis Pfizer sebanyak 20 vial. Vaksin ini dapat digunakan masyarakat untuk vaksin dosis satu, dua , booster satu dan booster dua.
 
"Meski PPKM telah dicabut, saya berharap masyarakat segera mendapatkan vaksin COVID-19 dan melengkapinya hingga booster," jelasnya.
 
Selain membuka gerai di Pasar Tanjung Puskesmas Hikun juga melayani vaksinasi secara mobile di sejumlah desa di Kecamatan Tanjung sejak 17 sampai 19 Januari 2023.
 
Sementara itu persediaan vaksin COVID-19 di Kabupaten Tabalong mencapai 235 vial untuk jenis vaksin Pfizer dan vaksin Zifivax untuk memenuhi vaksinasi primer maupun booster.
 
Persediaan vaksin Pfizer sebanyak 87 vial dan Zifivax 148 vial, jelas Sub koordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Budi Gunawan,
 
"Satu vial vaksin Pfizer bisa untuk enam dosis primer atau 12 dosis booster," jelas Gunawan.
 
Sedangkan vaksin Zifivax yang diproduksi Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical di China, vial 1 mL berisi 50 μg untuk 2 kali dosis suntikan dan vial 0,5 mL berisi 25 μg untuk 1 dosis suntikan.
 
Budi menambahkan hingga saat ini tidak ada warga Kabupaten Tabalong yang terpapar COVID-19 dan akhir Desember 2022 dua pasien terkonfirmasi virus corona sudah dinyatakan sembuh.
 
"Di awal tahun 2023 ini kasus penyebaran COVID-19 di Tabalong nihil atau tidak ada warga yang terpapar ," jelasnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023