Dinas Kesehatan Kotabaru Kalimantan Selatan menguji fungsi dan menggelar latihan penggunaan "ultrasonografi" (USG) untuk tenaga bidan di puskesmas se-Kotabaru bertempat di Gedung Ratu Intan lantai II Kotabaru.

"Hari ini kita adakan training penggunaan alat USG Portable, agar seluruh bidan yang ada di Puskesmas kabupaten kotabaru bisa menggunakannya dengan baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak melalui keterangan tertulis di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: Kotabaru Regent inaugurates Sengayam Hospital

Dia mengungkapkan sebanyak 28 tenaga bidan yang ada di puskesmas se-Kotabaru mendapatkan pelatihan guna memaksimalkan peralatan yang akan dibagikan kepada seluruh puskesmas.

Dan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Kotabaru akan mendapatkan Alat USG Portable.

"Tujuannya untuk memudahkan pemeriksaan ibu hamil serta dapat mengurangi persoalan stunting sejak dini di Kabupaten Kotabaru," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru, Idiana Sayed Jafar mengapresiasi adanya kegiatan uji fungsi/training penggunaan alat USG portable.

Baca juga: Bupati Kotabaru resmikan RS Pratama

"Saya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, dengan adanya alat USG yang dibagikan di puskesmas, agar mempermudah khususnya para bidan dapat meminimalisir terjadi status stunting di Kabupaten Kotabaru," ungkap Idiana Sayed Jafar.

Saat ini, Idiana juga menambahkan Tim penggerak PKK Kabupaten Kotabaru, bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak gencar mengadakan sosialisasi untuk mengurangi permasalahan stunting di Kotabaru. 

"Kami terus berupaya mengurangi stunting di Kotabaru dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat," ucapnya.

Sebagai narasumber Uji fungsi dan training i oleh Fariza mahatma iriani, selaku Clinical Application Specialist (produk spesialis USG mindry) dari PT Arkan Jaya Nusantara selaku penyedia alat USG untuk puskesmas yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Baca juga: Home Ministry awards Kotabaru government

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023