Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. Tahap awal penerapan Identitas Kependudukan Digital ini menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) HSU mulai melakukan sosialisasi pengenalan aplikasi Identitas Kependudukan Digital secara 'door to door' ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab HSU.

"Identitas Kependudukan Digital ini memudahkan masyarakat, khususnya ASN dan Non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten HSU," ujar Operator Pelayanan KTP Digital, Disdukcapil HSU Nufi Aminuddin di Amuntai, Rabu.

Nufi mengatakan, Identitas Kependudukan Digital ini mempermudah masyarakat mengakses dokumen kependudukan hanya melalui telepon selular atau smartphone.
 
Petugas Dukcapil HSU melakukan sosialisasi KTP digital di Kantor Dinas Kominfo dan Persandian di Amuntai, Rabu (14/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Ia menjelaskan, kelebihan KTP digital memudahkan masyarakat bisa mengakses identitas penduduk tanpa harus membawa KTP fisik.

Memberi sosialisasi di Kantor Dinas Komimfo dan Persandian, Nufi menyebut, sosialisasi pengenalan KTP digital ini masih di tahap lingkup Pemerintah Kabupaten HSU, seperti dinas, badan dan kantor, kemudian dilanjutkan ke berbagai kelompok masyarakat.

"Untuk sementara sudah beberapa SKPD mendapatkan sosialiasi KTP digital, nantinya  dijadwalkan lagi," jelas Nufi.

Ia mengatakan, untuk mendapatkan identitas kependudukan digital, syarat wajib dipenuhi yakni sudah melakukan perekaman KTP elektronik, memiliki ponsel pintar android dan memiliki koneksi internet.
 
Pejabat dan Karyawan Dinas Kominfo dan Persandian mengikuti sosialisasi KTP digital oleh staf Dinas Dukcapil di kantor Kominfo dan Persandian di Amuntai, Rabu (14/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Masyarakat cukup mengunduh aplikasi identitas kependudukan digital di 'playstore'. Pada aplikasi itu terdapat menu data keluarga, dokumen kependudukan seperti KTP elektronik dan kartu keluarga, dokumen hasil integrasi NIK antara lain sertifikat vaksin dan NPWP. Di aplikasi itu pula terdapat QR-Code KTP digital.

"Saat ini aplikasi yang tersedia masih berbasis android, untuk ios belum ada," pungkasnya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022