Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banjar gelar sosialisasi pengawasan partisipatif sehingga masyarakat turut serta melakukan pengawasan untuk pemilu yang demokratis dan berkualitas.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Fajeri Tamzidillah di Martapura, Rabu mengatakan, sosialisasi yang digelar Selasa (29/11) mengambil tema Kelembagaan Pengawas Pemilu dan Peran Strategis Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024.
 
"Jumlah penduduk setiap desa pada kecamatan berbeda-beda sedangkan Bawaslu hanya memiliki pengawas satu orang saja di setiap desa dan kelurahan sehingga perlu peran masyarakat mengawasi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, peran masyarakat sangat penting ikut serta mengawasi
sehingga sosialisasi mengundang perwakilan Panwascam, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan organisasi lainnya.
 
Dijelaskan, peserta sosialisasi diberi materi terkait pengawasan yang bisa mereka lakukan termasuk ikut serta menyosialisasikan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya sekaligus mengawasi pemilihan.
 
"Kami berharap, peserta sosialisasi mendapatkan pengetahuan tentang pengawasan yang bisa dilakukan kemudian menyampaikan kepada masyarakat sehingga bersama-sama melakukan pengawasan," ucapnya.
 
Anggota Bawaslu Banjar yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Hairul Falah menambahkan, peran masyarakat mengawasi sangat diperlukan.
 
"Jumlah pengawas di lapangan tidak sebanding dengan yang diawasi sehingga partisipasi masyarakat sangat penting dalam membantu Bawaslu melakukan pengawasan pemilu," ujar dia.
 
Nara sumber sosialisasi Akhmad Mukhlis mengatakan, masyarakat penting untuk mengetahui larangan dan hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan dalam pelaksanaan pemilu pada 2024 mendatang.
 
"Masyarakat yang terlibat dalam pengawasan hendaknya memahami larangan dalam penyelenggaraan pemilu dan turut mengawal setiap prosesnya disamping menghindari hoax atau berita bohong," kata dia.
 

 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022