Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mencanangkan pembentukan kampung keluarga berkualitas di Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang.

"Pencanangan program ini adalah sebagai upaya penekanan kasus stunting di Kabupaten yang berjukuk "Bumi Bersujud"," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar, di Batulicin Selasa.

Ia mengatakan, program kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di seluruh provinsi hingga ke kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Semua lintas sektor harus berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada diwilayah pedesaan.

Ada beberapa faktor yang dapat menunjang penanganan stunting yakni, sanitasi, air bersih, lingkungan rumah yang bersih sehat, vaksin imunisasi, pemberian makanan tambahan,  pemberian vitamin, dan tambah darah.

Selain itu, pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas di Tanbu ujar Ramlan karena  Tanbu sangat baik dalam  penanganan stunting yaitu diangka 15,1 persen untuk di tahun 2022, dan mentargetkan 14 persen pada tahun depan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H. Ambo Sakka menegaskan bahwa, pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi diadakannya pencanangan kampung keluarga berkualitas.

"Program ini sangat penting dan strategis sebagai bentuk optimalisasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga di setiap desa/kelurahan," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022