Gubernur Kalimantan Selatan DR (HC) H Sahbirin Noor melakukan perjalanan bermotor untuk turun ke desa (Turdes) melihat langsung kondisi masyarakat selama 5 hari dari 3--7 November 2022.

Gubernur didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito dan unsur pimpinan daerah lainnya mulai berangkat di halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Kamis.

Turdes pakai motor trail dengan misi pengendalian inflasi 2022 tersebut dinyatakan akan melalui ratusan desa di beberapa kabupaten/kota.

Kegiatan ini akan mencatat rekor MURI kategori Turdes dengan estafet terpanjang.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini dalam perjalannya menemui masyarakat desa juga melakukan misi sosial berupa pembagian berbagai macam bantuan.

Dari pernyataan resmi Pemprov Kalsel untuk kegiatan sosial di setiap titik desa yang disinggahi gubernur adalah pembagian sembako, giat sosial sunatan massal, pembagian paket untuk anak sekolah.

Selanjutnya, pembagian bibit perkebunan dan pertanian, penyerahan dana hibah untuk pesantren dan tempat ibadah, bantuan peralatan olahraga, bantuan pemberian makanan tambahan bagi ibu dan anak untuk upaya mengendalikan kasus stunting.

Rombongan gubernur yang dinyatakan akan melalui rute tidak hanya jalan beraspal tapi juga jalan berbatu dan setapak untuk menjangkau desa terdalam.

Rute awal dari Kota Banjarbaru melaju ke wilayah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Selanjutnya berbalik melalui hutan di lereng gunung Meratus untuk menuju Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekalian membuka Pekan Olahraga Provinsi (Pemprov) Kalsel pada 5 November 2022.

Perjalan dilanjutkan langsung melalui Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara ke Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Kota Banjarmasin finis akhirnya.

Sebelum berangkat, Gubernur Kalsel menyatakan, ini perjalan kesekian kalinya selama dia menjabat gubernur sejak 2014 hingga periode kedua sampai 2024 ini misi turun ke bawah untuk langsung melihat kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di desa-desa.

Dia pun meminta para rombongan yang menemaninya tetap mengutamakan keselamatan dan tertib berlalu lintas, hingga tujuan utama berjalan lancar dan selamat sampai pulang.

"Jangan sampai ada yang ugal-ugalan di jalan," pinta Paman Birin.

Sebelum berangkat, rombongan didoakan Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Hasanuddin Badruddin.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat memulai perjalanan turun ke desa tahun 2022 di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel, Kamis (ANTARA/HO)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022