Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendorong pembangunan desa yang dimulai dengan pendekatan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI).

"Daerah yang disasar kali ini Desa Anjir Pasar Kota II di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan," kata Hajar Aswana, ketua pelaksana Program Seminar PAUD Holistik Integratif ULM di Banjarmasin, Rabu.

Dijelaskan dia, penguatan melalui seminar oleh Kelompok Smart People PG PAUD FKIP ULM diprakarsai oleh kelompok Asistensi Mengajar PG-PAUD mahasiswa ULM yang beranggotakan lima orang, yaitu Hajar Aswana, Rahmawati, Najma Amelia, Amelia Dewi Safitri dan Adriyani.

Seminar diadakan untuk memperdalam pemahaman setiap instansi di desa baik sekolah, orang tua maupun instansi lainnya.

Kegiatannya bukan hanya melibatkan sekolah TK tetapi juga dari instansi lainnya, seperti Balai BPPMDDTT, Dinas Pendidikan, Bunda PAUD Kecamatan, Balai BKKBN, serta Bunda PAUD Desa agar semua instansi memahami lebih dalam terkait PAUD HI, sehingga bisa saling merangkul untuk membangun desa lebih maju.

Dalam paparannya pemateri Mohammad Dani Wahyudi menyampaikan pertanggungjawaban orang tua kepada anak berupa memberikan pendidikan yang terbaik.

Meski begitu, pendidikan yang terbaik bukan berarti menyekolahkan anak di sekolah yang mahal, tetapi memberikan pendidikan dengan penuh cinta kasih sayang dan memberikan kebutuhannya sesuai usia dan perkembangan anak.

"Anak kita bukan milik kita, namun amanah dari Allah Subhanahu WaTaala yang akan dipertanggungjawabkan dan salah satu wujud menjaga amanah dengan memberikan pendidikan," timpal Zain Ahmad Fauzi selaku moderator.
 
Program Seminar PAUD Holistik Integratif ULM di Desa Anjir Pasar Kota II. (ANTARA/Firman)


Dibuka oleh Sekretaris Camat Anjir Pasar Saderi, acara dirangkai pemberian alat permainan edukatif (APE) kepada Kelompok Bermain (KB) Cempaka Desa Anjir Pasar Kota II, yang diserahkan dosen pembimbing lapangan Mohammad Dani Wahyudi.

Turut hadir perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala Jarkani yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar membangun desa yang merupakan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI itu.

Sebagaimana diketahui sejak 2013 pemerintah menetapkan strategi nasional PAUD-HI yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. 

PAUD-HI bertujuan menyediakan layanan bagi anak usia dini yang diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antarlembaga layanan melalui komitmen semua unsur terkait.
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022