Kota Banjarmasin, provinsi Kalimantan Selatan, mengikuti Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang berlangsung tanggal 2 sampai 5 November 2022 di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dari Kota Banjarmasin selain tim Pemkot yang dipimpin Wakil Walikota Arifin Nor, juga dari pegiat Kota Pusaka Banjarmasin Muhammad Ary, Hasan Zainuddin, dan Akhmad Arifin.

"Ini adalah kesempatan studi pengelolaan kota pusaka sebagai atraksi wisata di Rakernas JKPI IX Palembang. Turut serta Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah yang juga sangat berkepentingan dalam penyelamatan dokumen kearsipan yang bernilai sejarah Banjarmasin yang sudah berusia 496 tahun mendukung program Kota Pusaka," kata pegiat kota pusaka, Muhammad Ary.

Dari hasil dialog dan pengalaman  di Rakernas tersebut diharapkan bisa mempercepat kawasan Sungai Jingah Banjarmasin sebagai cagar budaya melalui peraturan daerah, tambahnya.

Rakernas IX JKPI ini juga dirangkai  aneka kegiatan, seperti pameran, bazar, pentas budaya, permainan tradisional, karnaval, dan hiburan

Kegiatan mulai Rabu berlokasi di halaman museum Sultan Mahmud Badarudin  2 Kota Palembang,  di kawasan wisata Benteng Kuto Besak

Kegiatan dimulai dengan tukar menukar cenderamata antara walikota Palembang dengan para peserta atau delegasi kabupaten dan kota sekaligus makan malam.

Dilanjutkan dengan pemutaran video selayang pandang Kota Palembang, dan fashion show di samping hiburan.

Esok harinya Kamis, dilanjutkan penampilan kesenian tradisional dan permainan tradisional.

Ada sambutan gubernur Sumatera Selatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus membuka acara tersebut. 
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022