Ketua Komisi IV Bidang Kesra Provinsi DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin berpendapat, untuk mengembalikan marwah Kesultanan Banjar antara lain memberi gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Suriansyah.

Oleh karenanya, anggota DPRD Kalsel dua periode itu melalui telepon seluler, Rabu (12/10/22) menyatakan sependapat dan mendukung aspirasi masyarakat mengusulkan Sultan Suriansyah untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

"Aspirasi masyarakat itu ketika saya reses dan ziarah ke makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara,' ujarnya.

"Saya juga sangat mendukung usulan Sultan Suriansyah sebagai Pahlawan Nasional. Semoga hal itu terwujud sehingga kita bisa mengangkat kembali marwah Kesultanan Banjar," lanjutnya sembari bersalaman dan mendoakan mudah-mudahan anak cucu kita tetap mengingat beliau.

Wakil rakyat dari Partai Gerindra itu berharap generasi kini dan mendatang tetap mengingat Raja Banjar pertama yang memeluk Islam tersebut dan sebelumnya saat belum Muslim bernama Pangeran Samudra.

"Alhamdulillah, saya berkesempatan mampir ke makam datu kita, Sultan Surianyah. Karena, sebentar 'aruh ganal' (pesta besar) atau haul ke-469 Sultan Suriansyah di komplek makam almarhum," ujar wakiil rakyat asal daerah pemilihan (Dalil) Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

Ia berharap, pada aruh ganal nanti para jamaah bersama-sama memanjatkan dan mengirimkan doa kepada sultan pertama di "Bumi Banjar" yang memeluk Islam. 

“Kami harapkan seluruh urang Banjar, yang bisa berhadir dimana pun berada bisa turut mendoakan dan berpartisipasi pada aruh ganal 16 Oktober 2022,” ajak Lutfi seraya berharap Sultan Suriansyah menjadi Pahlawan Nasional.

“Saya juga sangat mendukung, semoga hal ini dapat terwujud sehingga kita bisa mengangkat kembali marwah kesultanan banjar yang mana di sini beliau bersemaiam, mudah-mudahan anak cucu kita akan tetap mengingat beliau,” tegas Lutfi.
Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin saat reses di Dapilnya Kota Banjarmasin. Foto ketika ziarah ke Makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara, 11 Oktober 2022. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara itu, tokoh masyarakat selaku pengelola makam Sultan Suriansyah, H. Alariansyah menyambut baik kedatangan wakil rakyat ‘rumah banjar’ tersebut. Ia juga mengungkapkan rasa terimakasihnya karena telah membantu dalam persiapan aruh ganal ini.

“Kami selaku pengelola di sini berharap pada tokoh-tokoh banjar untuk sama-sama melaksanakan maulid Rasulullah SAW sekaligus haul Sultan Suriansyah. Kepada rekan-rekan mau pun pemerintah kami persilakan utnuk datang ke sini,” pungkas H. Alariansyah.

Ketua Pengelola Komplek Makam Sultan Suriansyah H. Budi Santoso Humaidi, juga berharap hal serupa seraya mengimbau seluruh warga khususnya yang ada di Banjarmasin untuk dapat ikut serta memeriahkan aruh ganal dengan tujuan mengharap keberkahan.

Dalam kurun sepekan, Lutfi sedikitnya bertandang ke enam belas titik wilayah di Dapilnya salah satunya ke Komplek Makam Sultan Suriansyah bersama sejumlah tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat.





 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022