Acil Bustan dari Lok Baintan dinyatakan oleh dewan juri meraih juara pertama lomba acil jukung, bagian dari festival pasar terapung dalam rangka memperingati hari jadi Pemprop Kalsel ke-72.

Salah satu dewan juri dari tiga dewan juri, Mohammad Ary di lokasi lomba menyebutkan, Acil Bustan dinyatakan sebagai juara pertama karena cukup kreatif menghiasi jukung (sampan) yang dikayuhnya.

Hiasan jukung Hajah Bustan bertema budaya, ada gambaran adat baayun maulid, dinding jukung berhias air guci, ada ucapan selamat hari jadi prov ke 72 menambah indah tampilan dan bernilai promosi.

Disamping itu dijukung ibu ini pula kombinasi dagangan cukup lengkap, ada buah dan sayuran. Acil tampil basalungkui, batanggui, dan saat atraksi bapantun juga sangat,  hingga berpotensi menjadi duta pariwisata Pasar Terapung Lokbaintan

Sementara juara dua diraih oleh Acil Noor Asiah, hiasan jukung tema budaya, ada jukung rombong dgn wadai di dalam jujung. Jukung dindingnya berlukis ornamen bunga, ada mini banner bertulis tema dan ucapan dirgahayu kemerdekaan menambah lengkap tampilan.

Kombinasi dagangan sangat lengkap. Ada buah dan sayuran, Acil Asiah tampil basalungkui, batanggui, sayangnya kurang bisa bapantun .

Sedangkan juara tiga diraih oleh Acil Husnah dengan mengetengahkan jukung berhias bertema budaya, menampilkan adat baayun anak lengkap dgn asesorisnya, ada bakul purun simbol kearifan lokal ramah lingkungan, ada bekantan maskot Kalsel, jukung jua dilengkapi air guci.

Kombinasi dagangan cukup lengkap. Acil Husnah tampil basalungkui, batanggui, bapantun sangat baik, serta pesan pantun sangat menarik pula.

Dalam lomba yang berlangsung di atas air Sungai Martapura tersebut bertemakan batiti adat banua harat, basuluh iman banua tarang.

Lomba mengetengahkan kesesuaan tema, kreativitas, inovasi, dan harmonisasi, ada sembilan nominator, nominator menampilkan atraksi pantun, mempromosikan dagangan mereka seatraktif mungkin, hingga menghasilkan tiga juara.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022