Pemerintah Desa Mantimin memberikan pembinaan dan pelatihan untuk memaksimalkan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.

Sebanyak 15 anggota Satlinmas dan tujuh ketua RT di desa tersebut langsung dilatih oleh Babinsa Koramil 1001-04/Batumandi Koptu Benny Albar dan Bhabinkamtibmas Polsek Batumandi Aipda Rusmianto.

"Para satlinmas ini kami berikan sejumlah materi, yaitu PBB dasar, kecakapan khusus, bela diri sederhana, dan (teknik) penanggulangan bencana," kata Koptu Benny Albar kepada ANTARA di Paringin, Rabu.

Dia melanjutkan, melalui kegiatan ini diharapkan anggota Linmas semakin mengerti dan meningkat kedisiplinan, sehingga dalam kegiatan apapun di masyarakat dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

Selain itu, ucapnya, tugas Satlinmas ke depan semakin penuh dengan tantangan, yaitu dihadapkan dengan kondisi masyarakat saat ini jadi harus dilaksanakan dengan keikhlasan dan semangat pengabdian kepada masyarakat.

Sementara Sekdes Mantimin Ahmad Syarif mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah mendukung penuh kegiatan pembinaan ini. Dirinya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini kemampuan serta kedisiplinan Satlinmas Desa Mantimin dapat meningkatkan.

“Walau rata-rata anggota Linmas sudah tidak muda lagi, tetapi mereka tetap semangat dalam pelaksanaan PBB, semoga melalui kegiatan ini Linmas Mantimin semakin giat dalam perannya di masyarakat untuk menjaga keamanan di wilayah,” ucapnya.

Baca juga: Jemaah haji di Balangan disambut tangis bahagia oleh keluarga
Baca juga: Disdik Balangan monitoring sekolah terpencil
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022