Panitia kurban Masjid Al-Karomah Martapura, KH. Hasanuddin Badruddin, menerima bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo, yang  diserahkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor  di halaman Masjid Al Karomah, Ahad (10/7) seusai melaksanakan shalat Idul Adha.

Sapi kurban bantuan Presiden RI tersebut merupakan sapi berjenis Brahman Cross (Sapi Bx) dengan berat lebih dari 950 kg.

"Bismillahirrahmanirrahim, bantuan sapi dari Presiden RI, ulun serahkan, semoga dapat bermanfaat," kata Sahbirin Noor.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, atau biasa disapa Paman Birin, pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, tahun ini, melaksanakan shalat idul adha di Masjid Al-Karomah Martapura.

Sebelum shalat Idul Adha, Paman Birin bersama ribuan jemaah yang memadati Masjid Al-Karomah turut membacakan takbir, tahlil dan tahmid.

Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah kepada seluruh masyarakat Kalsel.

“Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, semoga kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu WaTaala, sekaligus dapat meningkatkan solidaritas, dan kepedulian kita sebagai umat Islam," sampainya.

Momen Idul Adha sebut Paman Birin, memberikan kesan dan makna bagi kehidupan, yang tercermin dalam ibadah haji dan ibadah kurban.

Ibadah kurban, sebut Paman Birin, mengandung makna kepedulian, semangat berbagi, dan solidaritas kepada saudara-saudara kita.

"Ibadah kurban yang kita laksanakan banyak mengandung makna serta dimensi kesabaran dan ketabahan, yang hendaknya kita amalkan dalam kehidupan," sampainya.

Bertindak sebagai imam adalah KH. Muhammad Wildan Salam atau Guru Wildan yang juga Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Qur'an Martapura.

Sementara sebagai khatib, KH. Hasanuddin Badruddin, Ketua Umum Nhazir Masjid Agung Al-Karomah dan Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Pada Idul Adha 1443 H kali ini panitia kurban Masjid Al-Karomah Martapura memotong  31 ekor sapi kurban, dan  panitia akan memulai penyembelihan hari Senin (11/7) besok.

Baca juga: Kakanwil: seluruh jamaah haji Kalsel bisa wukuf di Arafah
Baca juga: Bupati dan wabup shalat Idul Adha di Masjid Al Karomah
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022