Bupati HM Sukamta meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tanah Laut membina Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) agar perekonomian di daerah tersebut bisa berkembang dengan baik.

Selain itu, pinta dia, Kadin Tanah Laut dapat bekerjasama, bermitra dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk mempersiapkan Tanah Laut menyambut ibu kota nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Tanah Laut  memiliki sumber daya manusia (SDM) mampu bersaing dan sumber daya alam (SDA) luar biasa, sehingga perlu mempersiapkan pengelolaan dan manajemennya," ucap HM Sukamta,  saat membuka Musyawarah Kabupaten VII Kadin Tanah Laut  di Balairung Tuntung Pandang, Senin (04/07/22).

Untuk itu, dia mengajak, Kadin membangun Tanah Laut sebagai penyuplai kebutuhan ibu kota baru IKN dan menjadi salah satu tujuan wisata.

"Sebagai daerah produksi akan melahirkan para wirausaha baru dan sebagai tujuan wisata baru akan menumbuh kembangkan UMKM kita," terang Sukamta.

Sementara, Wakil Ketua Kadin Kalsel Iwan Kamadi mengatakan, Kadin merupakan organisasi bentukan pemerintah dan bergerak di bidang ekonomi.

"Kadin Indonesia sedang fokus pada UMKM, karena saat krisis ekonomi tahun 1998 dan pandemi COVID-19, UMKM dapat membangkitkan kembali perekonomian Indonesia," kata Iwan.

Baca juga: Tanah Laut tetapkan status siaga bencana PMK dan karhutla
Baca juga: Bappeda: Tiga prioritas RKPD Tanah Laut 2023

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022