Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan kondisi jamaah haji Embarkasi Banjarmasin di Mekkah, Arab Saudi, dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah kondisi jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sehat, meski ada yang batuk-batuk," ujarnya melaporkan dari Mekkah, Arab Saudi, Sabtu.

Menurut dia, sebanyak 2.450 lebih jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah berada di Tanah Suci Mekkah.

Sebagaimana diketahui, jamaah hajj Embarkasi Banjarmasin tergabung pada 7 Kloter, yakni 4 Kloter dari Kalsel, 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan 1 Kloter gabungan jamaah dari Kalsel dan Kalteng.

"Untuk jamaah haji Provinsi Kalsel dan Kalteng semua dikumpulkan di sektor 4 wilayah Jarwal," ujar Tambrin yang mendapat tugas khusus dari Menteri Agama sebagai pengendali haji di Arab Saudi bersama 4 Kakanwil di Indonesia.

Dia pun menyatakan melakukan kunjungan silaturahmi dengan jemaah haji Embarkasi Banjarmasin di wilayah Sektor 4 Mekkah.

Dalam pertemuan itu dia mengingatkan jemaah haji untuk mempersiapkan rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Tambrin mengimbau Jemaah haji untuk menyiapkan mental dan fisik menghadapi puncak haji pada 9 Zulhijah 1443 H dan akan menghadapi kondisi yang berbeda dengan saat di Madinah dan Mekkah.

Jika selama di Madinah maupun di Mekkah Jemaah haji tinggal di hotel, maka di Arafah jamaah haji akan tinggal di tenda-tenda yang telah disediakan dan harus menempuh perjalanan jauh menuju Jamarat untuk jumrah,

"Armuzna merupakan fase puncak dan terberat dalam pelaksanaan ibadah haji, karenanya perlu kesiapan mental dan fisik," terangnya.

Tambrin mengimbau jamaah agar menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan menjaga pola makanan serta mengurangi kegiatan yang melelahkan.

"Berdoa selalu kepada Allah agar dimudahkan dan semoga semua jemaah haji mendapatkan haji yang mabrur," ucapnya.

Baca juga: Kondisi kesehatan kloter 1 dan 3 Kalsel dikabarkan terkontrol baik di Mekkah
Baca juga: 1.800 calhaj Embarkasi Banjarmasin sudah berada di Mekkah
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022