Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi meresmikan poliklinik pelayanan sore dan penggunaan transformasi digital Rumah Sakit Haji Dhamanhuri Barabai (RSHD) Barabai, Kamis (30/6).

Peningkatan pelayanan tersebut, kata Direktur RSHD Barabai dr Nanda Sujud Andi Yudha Utama, merupakan upaya menuju akreditasi rumah sakit 2022 ini.

"Adanya pelayanan poliklinik sore ini juga merupakan jawaban dari tantangan dan arahan bupati dan dewan pengawas rumah sakit agar meningkatkan pelayanan, karena pelayanan pagi selalu penuh dan masih banyak yang mengantre," katanya.

Dikatakannya pelayanan akan mulai diterapakan pada 1 Juli 2022 dan buka mulai pukul 16.00-21.00 Wita.

Sedangkan penerapan sistem pelayanan secara digital tersebut, menurut Sujud, akan lebih mempermudah pasien dengan tidak lagi antre di loket.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah memberikan akses pelayanan digital melalui aplikasi APAM dan JKN Mobile bekerjasama dengan PBJS Kesehatan.

Diterangkannya, inovasi terbaru digital itu adalah anjungan pasien mandiri (APM). Pasien yang hendak berobat bisa mendaftarkan diri langsung melalui aplikasi APM di komputer layar sentuh depan pintu masuk rumah sakit.

Pasien tinggal mengikuti perintah di aplikasi. Jika semua data telah diisi, termasuk nomor kartu berobat, nomor rujukan jika pasien BPJS, poli yang dipilih,  pasien tinggal menunggu dipanggil dan duduk di ruang tunggu.

Ditambahkannya, inovasi baru itu dibantu Diskominfo HST, Bank Kalsel dan Tim IT RSHD. "Bagi pasien yang tak familiar dengan komputer, ada petugas yang membantu mengajari," terangnya.  

Baca juga: RSHD Barabai minimalisir risiko buruk
Baca juga: Darul Inabah juara Liga Santri PSSI Piala Kasad Wilayah Kodim 1002/HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022