Kumpulan pelajar dan mahasiswa suku Dayak Kalimantan Selatan membentuk sebuah sanggar seni dengan nama Sanggar Damar Telawang Borneo, Sabtu (11/6/2022).

"Salah satu tujuan terbentuknya Sanggar Damar Telawang untuk mengangkat seni dan budaya suku Dayak di Kalimantan Selatan agar lebih dikenal luas oleh masyarakat di Kalimantan Selatan, maupun nasional, bahkan internasional,"ujar Ketua Mahasiswa Dayak Kalimantan Selatan Hatno, di Banjarmasin, Minggu (12/6/2022).

Menurut dia, Sanggar Damar Telawang Borneo di bawah binaan Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan (DAD Kalsel) dan Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga LVRI Kalimantan Selatan (PD PPM-LVRI Kalsel)  tersebut beranggotakan pelajar dan mahasiswa berbagai suku Dayak.

"Semoga Sanggar Damar Telawang Borneo ke depannya lebih berkembang dan maju," harapnya.

Terpisah, Ketua Umum DAD Kalsel Abdul Kader sangat bersyukur dan gembira atas terbentuknya Sanggar Damar Telawang Borneo tersebut.

Dia berharap, keberadaan sanggar tersebut dapat memberikan dampak positif bagi seni dan budaya Dayak di kalangan generasi muda di Kalimantan Selatan, bahkan nasional hingga internasional.

Sementara, Wakil Ketua PD PPM-LVRI Kalsel Abdul Karim berharap, sanggar seni tersebut dapat memberikan dampak positif bagi dunia seni dan budaya di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Bupati Tapin promosikan wisata alam dan kearifan lokal Dayak Meratus ke Sandiaga Uno
Baca juga: Mahasiswa Dayak minta pembinaan DAD Kalsel
Baca juga: Pemkot Banjarbaru dukung pelestarian Seni Budaya Dayak Borneo
 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022