Pemerintah Kota Banjarbaru mendukung pelestarian Seni Budaya Dayak Borneo sebagai salah satu upaya melestarikan budaya asli suku Dayak di Kalimantan khususnya di Kota Banjarbaru. 

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengatakan, sangat mengapresiasi pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo mengusung tema Borneo In Harmony 3 yang digelar, Kamis hingga Ahad di atrium lantai dasar Q Mal Banjarbaru.

"Kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, terutama karena pandemi COVID-19 pada 2020 dan 2021 yang masih tinggi sehingga baru tahun ini pagelaran bisa diselenggarakan," ujar wawali di sela kegiatan.

Ia mengatakan, peserta pagelaran yang ikut berpartisipasi bukan hanya dari Kota Banjarbaru dan Kalimantan Selatan saja, tetapi juga ada yang datang dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan timur.

Diharapkan, pagelaran seni budaya itu mampu melestarikan Dayak Meratus sehingga diketahui dan dikenal oleh generasi muda terutama di tengah era globalisasi dan digitalisasi yang makin maju dan berkembang. 

"Seni Budaya Dayak menjadi salah satu benteng NKRI bersama adat dan budaya lain yang saling menghormati serta menghargai sehingga kehidupan di Banjarbaru nyaman, tentram dan damai," katanya.



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022