Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Quran Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, KH Muhammad Wildan Salman memimpin gelar manasik massal haji tingkat provinsi Kalsel di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Kamis.

KH Wildan Salman didampingi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel H Muhammad Tambrin pada kegiatan manasik atau peragaan pelaksanaan ibadah haji yang dihadiri ratusan jamaah calon haji (CJH) Kalsel tahun 2022 atau 1443 hijriah.

KH Wildan Salman menyampaikan secara terperinci kegiatan haji dari berniat haji baik waktu dan tempatnya, juga apa saja hal yang wajib dilaksanakan dan haram dikerjakan saat berada di tanah suci tersebut.

Intinya Guru Wildan, panggilan akrab ulama karismatik di Kalsel ini, berpesan kepada semua JCH agar mengikuti dan mengerjakan semua yang sudah dipelajari tentang ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur atau diterima Allah Subhanahu WaTaala.

Berita terkait: Kemenag Kalsel: pelaksanaan keberangkatan haji 2022 sudah siap


Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan dapat merasakan bagaimana perasaan hati dan perasaan para JCH saat ini, karena akhirnya bisa berangkat haji.

Menurut dia, musibah dunia pandemi COVID-19 menyebabkan keberangkatan haji sampai tertunda selama 2 tahun, namun akhirnya pada 2022 ini Arab Saudi membuka lagi pelaksanaan ibadah haji.

Dengan penantian yang begitu panjang untuk berangkat ibadah haji di provinsi ini, kata Paman Birin, sapaan akrab gubernur, tentunya kesempatan bisa berangkat haji ini jadi nikmat tersendiri bagi JCH saat ini, perasaan senang dan penuh syukur.

"Sebab daerah kita ini daerah religius, masyarakatnya dalam bekerja itu keinginan besarnya jangan dimatikan sebelum bisa berangkat haji," ujarnya.

Paman Birin pun meminta JCH yang berangkat tahun ini agar menyucikan hati, niat yang ikhlas, berbuat baik demikian juga saat di tanah suci Makkah dan Madinah, sehingga dapat kelancaran menunaikan ibadah di sana hingga pulang lagi ke tanah air.

"Selamat menunaikan haji, moga diberikan haji yang mabrur, sehat walafiat hingga kembali lagi ke tanah air," paparnya.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tambrin menyampaikan, bahwa kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin mulai masuk asrama haji pada 11 Juni 2022, dan diberangkatkan pada 12 Juni 2022 ke Madinah.

Dikatakan dia, Kloter pertama --dari 7 Kloter yang akan diberangkatkan dari Bandara Syamsuddin Noor, yakni 5 Kloter dari Kalsel dan 2 Kloter dari Kalteng-- tersebut sebanyak 360 orang.

"Kloter 1 itu JCH dari Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kuota haji Kalsel pada 2022 ini sebanyak 1.743 orang.

Menurut dia, kegiatan hari ini untuk memantapkan persiapan keberangkatan para JCH. Sebelumnya mereka sudah pula mengikuti manasik haji sebanyak 6 kali pertemuan, yakni, 4 kali di KUA dan 2 kali di tingkat kabupaten/kota.

Berita terkait: Kemenag Kalsel: JCH jaga kesehatan jangan sampai terpapar COVID-19

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022