Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyatakan, pelaksanaan keberangkatan haji 2022 di Embarkasi Banjarmasin sudah siap.

Sebagaimana dijadwalkan, kata dia, di Banjarmasin, Selasa, keberangkatan kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada 12 Juni 2022.

Sebelum berangkat, kata dia, Kloter 1 Jamah Calon Haji (JCH)  dari Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar sebanyak 356 orang JCH dan 4 orang petugas Kloter, yakni, 1 orang Ketua Kloter, 1 orang Pembimbing Ibadah dan 2 orang petugas kesehatan terlebih dahulu masuk asrama haji, yakni, 11 Juni 2022.

"Kesiapan asrama haji menyambut tamu Allah SWT juga sudah, kita harap berjalan lancar," tutur Tambrin.

Dia pun menyampaikan, untuk suksesnya pelaksanaan ibadah haji 2022 di Provinsi Kalsel ini, pihaknya sebagai panitia haji daerah sudah menggelar sholat hajat.

"Kita semua berkumpul untuk bersama-sama berdoa memohonkan pertolongan dari Allah SWT, agar seluruh petugas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, jemaah haji aman dan nyaman dalam menunaikan ibadah haji dan operasional pemberangkatan jemaah haji terlaksana dengan sukses," katanya.

Menurut dia, semua persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji bersama dengan para stakeholder di provinsi ini. 

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel akan menerbangkan sebanyak 7 Kloter, yaitu, 5 Kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

Untuk pemondokan di Arab Saudi jamaah haji dari Embarkasi Banjarmasin berdasarkan sistem zonasi penempatan jamaah haji di Makkah tahun 2022, menempati wilayah Jarwal.

"Kami berharap para JCH untuk terus menjaga kebugaran hingga keberangkatan," ujarnya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022