Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hulu Sungai Selatan (HSS), Susilo Adiyanto, menyampaikan sebagian dari calon Kepala Desa (Kades) yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di HSS merupakan wajah-wajah baru.

Ia mengatakan, jumlahnya memang berimbang, antara yang lama atau petahana yang kembali dipercaya memimpin desa, sementara sebagian lainnya merupakan sosok-sosok baru.

Baca juga: Pilkades HSS: Orang terpilih itu pilihan masyarakat, bersatu lagi bangun desa

"Untuk jumlah pastinya belum bisa kita sampaikan karena memang masih ada yang berproses, namun diproyeksi antara petahana yang terpilih kembali dan pendatang baru jumlahnya berimbang," katanya, dalam kemarin, Jum'at (3/6).

Dijelaskan dia, dari pelaksanaan 129 desa yang melaksanakan pilkades di Kabupaten HSS, yang rampung hingga final ada 127 desa menyelesaikan perhitungan pada Kamis (2/6) malam. Sisa dua desa belum laporkan hasil pleno karena adanya masih perlunya koordinasi internal.

Pihaknya memberikan selama sepekan atau tujuh hari bagi para calon kades yang kalah untuk menyampaikan keberatan atau sanggahan atas hasil perhitungan.

Baca juga: Pilkades serentak 129 desa di HSS terpantau aman

Dan apabila tidak ada keberatan dan sanggahan pihaknya dapat merencanakan jadwal pelantikan sesegera mungkin, di mana pelantikan akan dilaksanakan serentak pula.

"Bila tidak keberatan atau sanggahan pelantikan bisa dilaksanakan di awal-awal bulan Juni ini, namun apabila keberatan atau sanggahan kemungkinan bisa dilaksanakan di akhir bulan Juni atau di bulan Agustus 2022," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022