Mempromosikan dan mendongkrak kunjungan wisata di Hulu Sungai Selatan (HSS), Wakil Bupati (Wabup), Syamsuri Arsyad mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno datang ke Loksado, HSS.

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Wabup HSS Syamsuri Arsyad kepada Sandiaga Uno, dalam audensi Gubernur Kalsel di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat.

"Untuk kunjungan wisata di Kabupaten HSS pada 2019 sebanyak 231 ribu pengunjung dan saat pandemi sebanyak 270 ribu kunjungan wisata," kata wabup, Rabu (18/5).

Baca juga: Pemkab HSS gelar kirab obor HUT Proklamasi Tentara ALRI

Dia jelaskan bahwa dia menyarankan adanya paket-paket wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalsel, yang masing-masing daerah memiliki destinasi wisata yang bisa dinikmati.

Pihaknya berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dapat berhadir pada event Loksado yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Kehadiran Menteri Sandiaga Uno dapat menguatkan pariwisata di daerah, nantinya diharapkan setelah dari Kabupaten Kotabaru, menteri bisa hadir pada 2 Juni 2022 ke Loksado.

Baca juga: Wisata air terjun Haratai dan air panas Tanuhi dipadati pengunjung

Festival Loksado satu-satunya di dunia dengan objek wisatanya rakit bambu atau bisa disebut "bamboo rafting", yang menjadi pariwisata andalan di Kabupaten HSS.

"Kami ingin dengan kehadiran menteri dapat memberikan dukungan akses, guna memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke Loksado," katanya.

Pihaknya meminta agar Jalur Begandah, Rantau, bisa tembus ke Kabupat4en HSS, karena bisa menjadi akses alternatif ke Ibu Kota Negara (IKN) nantinya.

Sementara itu, Sandiaga Uno mengatakan akan menugaskan Deputi untuk memberikan perhatian khusus ke Kalsel, ia sangat tertarik dengan Loksado, dan juga berharap dapat langsung datang ke Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022