Dua obyek wisata di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yakni air terjun Haratai dan air panas Tanuhi menjadi destinasi wisata dipadati pengunjung di liburan panjang dan idul fitri.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, Erfan, di Tanuhi, Minggu (8/5), mengatakan berterima kasih kepada masyarakat yang datang dengan memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

"Kita tetap waspada dan mengimbau terapkan prokes, karena pandemi COVID-19 belum berakhir, walaupun sudah banyak warga telah bervaksin tetap kita ingatkan," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Disporapar HSS ingatkan pengunjung wisata senantiasa patuhi SOP

Dijelaskan dia, saat ini rata-rata pengunjung di tiap harinya mencapai sekitar 100 sampai 200 orang pengunjung, dan angka pastinya nanti bisa dilihat dari hasil retribusi untuk rata-rata per hari kunjungan.

Peningkatan kunjungan terjadi di akhir pekan dari hari Jumat, Sabtu dan Minggu karena warga belum balik ke tempat kerja mereka, sehingga memanfaatkan waktu berlibur bersama keluarga.

"Kalau tarif tetap sama, sudah ditentukan berdasarkan peraturan bupati dan tidak ada perbedaan, tetap sama karena mempedomani ketentuan tersebut," katanya.

Untuk pengunjung wisata air terjun Haratai, bahkan di sana ramai lebih banyak berkunjung, banyak anak muda karena area air terjun memiliki banyak spot swa foto didukung pemandangan alamnya.

Pihaknya terus membenahi fasilitas di sana, mencoba melakukan kerjasama dengan pemangku kawasan hutan karena lokasinya masuk kawasan hutan lindung, juga dilakukan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

Baca juga: Duta Pepelingsih HSS siap ikuti pemilihan tingkat provinsi

Fasiltas gazebo untuk bersantai cukup memadai, namun memang untuk lahan lahan parkir masih perlu dibenahi dan jaringan internet masih terkendala.

"Sementara untuk di air panas Tanuhi juga secara perlahan dibenahi, dan di sini dari dua hari yang lalu sudah sangat banyak kunjungan dari masyarakat," katanya.

Ditambahkan dia, kunjungan tidak hanya dari HSS,  tapi juga dari kabupaten dan kota di Kalsel, bahkan dari Kalteng. Ini suatu hal yang membanggakan, menjadi penyemangat untuk berbenah melengkapi fasilitas di obyek wisata dan ditunjang anggaran yang telah disiapkan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022