Pemkab Hulu Sungai Selatan menggelar doa bersama bagi pejuang dan kirab obor menjadi rangkaian dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Haul untuk pejuang diikuti Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, yang juga selaku Ketua DHC 45 HSS bersama relawan DHC 45 se- kabupaten HSS dan organisasi kepemudaan se HSS, di Cottage Gunung Kantawan, Loksado, Senin (16/5) kemarin).

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati HUT Proklamasi 17 Mei 1949 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV, yang mana seperti diketahui bahwa HSS merupakan basis perjuangan bagi Tentara ALRI Divisi IV dalam mempertahankan NKRI," kata wabup.
 
Haul Pejuang di HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI
Divisi IV Pertahanan Kalimantan (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: HSS peringati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV

Sementara itu, pihaknya melakukan upacara peringatan Proklamasi 17 Mei 1949 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di Tugu Ni'ih, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado.

Sebelum upacara peringatan, Wabup HSS bersama peserta melakukan kirab dengan membawa obor dari Tanuhi, Hulu Banyu melewati Datar Belimbing, dan menuju Ni’ih menapaki jalur luran teks proklamasi yang dibawa para pejuang dahulu.

Pada upacara peringatan, Wabup HSS selaku pembina upacara mengumandangkan naskah proklamasi yang dibacakan Brigjend TNI (Purn) H. Hassan Basry dahulu.

"Di tempat inilah pada tanggal 17 Mei 1949, Brigjend H. Hassan Basry mengumandangkan naskah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan," kata wabup.
 
Haul Pejuang di HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI
Divisi IV Pertahanan Kalimantan (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Danlanal Banjarmasin kunjungi HSS di rangkaian HUT Proklamasi Tentara ALRI

Menurut dia, dalam naskah tersebut menyatakan bahwa Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) tetap menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Banyak hikmah yang bisa dimaknai pada peringatan ini, peserta telah kirab dengan obor dari Desa Hulu Banyu sampai ke sini, walaupun hanya secuil dari perjuangan para pahlwan dahulu.

Pihaknya ingin memberikan pewarisan kepada generasi muda juga organisasi kemasyarakatan lainnya, bahwa apa yang yang telah para pahlawan lakukan memberikan inspirasi.

"Inspirasi kepada kita untuk berbuat dan memberikan yang terbaik untuk pembangunan kita, khususnya di Kabupaten HSS,” katanya.
 
Kirab Obor di rangkaian HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI
Divisi IV Pertahanan Kalimantan (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022