Dewan Guru SMAN 1 Amuntai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan (Kalsel) mengharapkan, kelulusan sekolahnya dapat menjadi genarasi berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Kepala SMAN 1 Amuntai (185 kilometer utara Banjarmasin), Drs Ahdiat Gazali Rahman SH MH melalui WA-nya kepada Antara Kalsel, Rabu (20/4/22) malam menerangkan, harapan itu dalam rapat Dewan Guru sekolah tersebut yang dirangkai dengan buka puasa bersama.

"Rapat juga membicarakan bagaimana cara agar sekolah tersebut bisa lebih maju lagi, baik pemberian materi pembelajaran maupun pedoman kedisiplinan, sehingga yang lulus dapat menjadi genarasi berguna bagi bangsa agama, bangsa dan negara," tegasnya.

"Pelaksanaan rapat kelulusan itu sejalan petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam suratnya No 0622/C5/LK/0000/2022 tertanggal 11 April 2022. tentang Penguman Kelulusan dan Pembagian Ijazah Jenjang SMA Tahun 2022," ujarnya kepada Antara Kalsel di Banjarmasin.

Berdasarkan surat Kemendikbu tersebut, bshawa  pelaksanaan tiga tahapan yaitu rapat kelulusan minggu ke empat April 2022, pengumuman kelulusan secara "online'/ dalam jaringan (Daring,) atau "website" sekolah.

"Kemudian pembagian Surat Keterang Lulus (SKL) pada hari kerja mulai 9  Mei 2022," ujar Ahdiat yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Hidayah Amuntai.

Mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII) berharap, dengan ditandai buka puasa bersama rapat kelulusan siswa kelas XII SMAN 1 Amuntai berjalan lancar.

"Lrbih daripada itu, tingkat kelulusan siswa SMAN 1 Amuntai lebih meningkat secara kualitas, sehingga mereka mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," lanjutnya.

Sementara Wakil Kepala SMAN 1 Amuntai Arifuddin MPd membicarakan tentang nasib anak didik yang prestasi dengan predikat berhasil lulus, dan dapat sanksi harus mengulang kembali pada tahun berikut dengan dengan pertimbangan semua yang hadir.

Selain itu, penentukan kurikulum bagi pesarta didik baru nanti, yang rapatnya dipimpin Wakasek kurikullum tersebut

Suasana buka puasa bersama yang dilanjutkan rapat Dewan Guru SMAN 1 Amuntai membicarakan kelulusan peserta didiknya yang mengikuti ujian akhir nasional tahun pelajaran 2021/20222. Rabu 27 April 2022. (Istimewa)

Rapat juga membicarakan bagaimana cara agar sekolah tersebut bisa lebih maju lagi, baik pemberian materi pembelajaran maupun pedoman kedisiplinan, sehingga yang lulus dapat menjadi genarasi berguna bagi bangsa agama dsn negara.

Ia mengharapkan, dengan buka puasa bersama rapat kelulusan siswa kelas XII SMAN 1 Amuntai berjalan lancar.

"Lebih daripada itu, tingkat kelulusan siswa SMAN 1 Amuntai lebih meningkat secara kualitas, sehingga mereka mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," lanjutnya.

Seluruh ASN, honorer dan pegawai kontrak SMAN 1 Amuntai pada buka puasa bersama yang dirangkai dengan rapat kelulusan kelas XII sekolah tersebut.

Buka puasa bersama itu sekaligus mengakhiri pembelajaran tatap muka (PTM) bagi kelas X dan XI SMAN 1 Amuntai, demikian Ahdiat.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022