Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, akan kembali membuka pemasangan ledeng murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2016 nanti.


Direktur Utama PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Ir H Muslih, Senin, mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk masyarakat Banjarmasin yang dikatagorekan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mendapat bantuan subsidi lagi pada biaya pemasangan ledeng.

"Jadi kita usulkan di APBN tahun akan datang (2016) Banjarmasin kembali mendapat bantuan subsidi pemasangan ledeng murah sebanyak 2.000 bagi MBR," ujarnya dalam jumpa press.

Dituturkan dia, pemberian keringanan bagi pemasangan ledeng bagi MBR ini merupakan kelanjutan program tahun ini yang sudah diberikan sebanyak 1.000 pemasangan atau dengan total biaya kurang lebih Rp3 miliar dari APBN.

"Kalau 2.000 sambungan ini tentunya APBN akan membantu kurang lebih Rp6 miliar," ungkapnya.

Menurut dia, pendaftaran bagi pemasangan ledeng murah ini dibuka sejak sekarang hingga akhir Januari 2016 nanti.

"Kita persilahkan masyarakat mendaftarkan diri ke kantor PDAM Bandarmasih, nanti akan ada prosesnya," terang Muslih.

Dikatakan dia, kreteria rumah yang bisa mendapat pemasangan ledeng murah ini atau hanya dibebankan biaya Rp250 ribu saja dan dua bulan tagihan gratis, atau jauh di bawah biaya normal Rp785 ribu, diantaranya daya listrik tidak lebih di atas 900 kwh.

"Yang pasti itu, tim survei dari pusat nantinya yang melakukan penilaian terhadap rumah si pemohon, masalah layak atau tidaknya dibantu, itu keputusan si penilai penyurvei tersebut, bukan dari PDAM," ujarnya.

Dinyatakan Muslih, masih banyak rumah warga daerah ini yang belum memasang ledeng dari PDAM, padahal jaringan pipa PDAM sudah hampir menjangkau seluruh daerah pemukiman warga.

"Lagian juga air sungai maupun tanah di daerah kita ini tidak patut lagi dikosumsi tanpa diolah," ujarnya.

Menurut dia, langkah pemerintah untuk memperhatikan kesehatan masyarakat dengan konsumsi air bersih terus dilakukan, yakni, dengan memberikan subsidi pemasangan ledeng yang sangat terjangkau.

"Jadi program pemerintah pusat ini sudah ribuan rumah dapat dibantu, dan ini sangat bermanfaat, hingga kita terus mengusulkannya," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015