Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kajati Kalsel) Dr Mukri mengingatkan jaksa di jajarannya untuk senantiasa memegang teguh hati nurani dalam menangani perkara agar dapat memberikan keadilan subtantif yang dirasakan oleh masyarakat.

"Hal ini sudah menjadi penekanan oleh Jaksa Agung agar seluruh jajaran sebagai jaksa harus bisa mempedomaninya," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Mukri, penegakan hukum yang berkeadilan, profesional dan bermartabat yang didasarkan pada hati nurani dan integritas luhur sebagai landas pijak sebagai modal utama agar seorang jaksa tak salah langkah.

"Jangan sampai ada lagi proses hukum yang mengusik rasa keadilan di masyarakat, pastikan langkah kita sudah benar," jelasnya.

Mukri juga menekankan pentingnya menjaga integritas dengan menjauhi segala penyimpangan dan perbuatan tercela dalam pelaksanaan tugas. 

Kepercayaan masyarakat, kata dia, hanya bisa didapat jika Kejaksaan mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Inovasi juga penting dalam upaya peningkatan pelayanan terlebih di masa pandemi sekarang. Tunjukkan kinerja terbaik hingga berbuah prestasi," timpal pria yang sebelumnya menduduki posisi Inspektur IV Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

Mukri yang pernah menjabat Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung baru saja dilantik Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin sebagai Kajati Kalsel.

Dia menggantikan Rudi Prabowo Aji yang pensiun Desember 2021 lalu dan posisi Plt Kajati Kalsel sempat diisi Wakil Kajati Kalsel Ponco Hartanto kini juga bertugas pada jabatan baru Kepala Biro Umum Pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung RI.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022