Sehubungan dengan adanya perbaikan trastel dermaga Tanjung Serdang maka untuk sementara PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batulicin Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pembatasan tonase kendaraan dengan muatan maksimal lima ton.

"pengurangan atau pembatasan tonase bagi calon penumpang diperkirakan hingga tiga bulan kedepan," kata Kepala PT ASDP Cabang Batulicin Justan melalui Meneger Usaha Akhmad Sunedi di Batulicin Kamis.

Dia mengatakan, pengerjaan dermaga tersebut diperkirakan akan rampng pada Maret. Jika pada bulan itu tidak molor pengerjaaannya maka pihak manajemen ASDP akan membuka pelayanan secara normal.
 
Menurut Sunedi, pembatasan tonase tersebut dilakukan karena bagian tiang penyangga pada dermaga tersebut mulai keropos sehingga tidak mampu membawa beban melebihi lima ton.

"Jika dipaksakan khawatirnya akan membahayakan bagi penumpang kapal saat bongkar muat di dermaga itu." katanya.

Meski dilakukan pembatasan tonase tidak akan mempengaruhi pelayanan pelayaran bagi calon penumpang kendaraan roda empat yang tonasenya di bawah lima ton dan roda dua.

"Sejauh ini, pelayanan untuk kendaraan roda empat sekelas kijang dan kendaraan roda dua relatif normal dan terlayani dengan baik. Hanya saja kendaraan yang membawa muatan diatas lima ton kami sarankan untuk melintas di dermaga lain yang di daerah Tarjun dan Stagen Kotabaru," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022